Liga Indonesia

Ponaryo Astaman: Masih Ada Harapan Fakhri Husaini Tangani Timnas U-19

Minggu, 23 Agustus 2020 09:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Muhammad Nabil/INDOSPORT
Eks pemain timnas Indonesia, Ponaryo Astaman. Copyright: © Muhammad Nabil/INDOSPORT
Eks pemain timnas Indonesia, Ponaryo Astaman.

INDOSPORT.COM - Mantan pesepak bola nasional sekaligus General Manager APPI, Ponaryo Astaman, berharap Fakhri Husaini kembali menjadi pelatih timnas Indonesia U-19.

Sebagaimana diketahui, timnas U-19 kini tengah dalam persiapan untuk mengikuti Piala Asia 2020 di Uzbekistan, yang rencananya akan digelar September nanti.

Kemudian, mereka juga akan mentas di Piala Dunia U-20 2021, sebab Indonesia akan berstatus tuan rumah. Guna menyongsong hajatan akbar itu, PSSI menunjuk pelatih asing asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, untuk menukangi timnas Indonesia U-19, tidak lagi Fakhri Husaini.

Baru-baru ini, beredar kabar bahwa PSSI tengah menjalankan proyek naturalisasi pemain asing berusia muda secara besar-besaran untuk diandalkan di Piala Dunia U-20 2021.

Fakhri Husaini menyayangkan kebijakan itu karena PSSI seakan tidak percaya dengan kemampuan anak bangsa. Ponaryo Astaman tak ketinggalan menyatakan keberatannya.

"Kebetulan kemarin gue berharap Bang Fakhri diterusin (melatih) di U-19," ujar Ponaryo Astaman dalam tayangan Hanif & Rendy Show di kanal Youtube.

Konon, alasan Fakhri Husaini tak lagi melatih Rendy Juliansyah dkk. adalah karena ia belum mengantongi lisensi yang sesuai standar FIFA, yakni AFC Pro.

Hanya saja bagi Ponaryo Astaman, lisensi bukan alasan utama Fakhri Husaini tak lagi menjabat, sebab hal itu bisa saja didapat jika PSSI benar-benar memberikan fasilitas.

"Kalau lisensi kan bisa sambil jalan. Tahun ini kan ada A Pro, dan kayaknya Bang Fakhri termasuk salah satu yang terdaftar tahun ini," cetusnya.

"Saya pikir kalau Piala Dunia U-20 2021, masih ada waktu sebetulnya kalau mau mengejar lisensi A Pro tahun ini karena timnya sudah lama, timnya juga mayoritas masih sama," pungkas Ponaryo Astaman

Ponaryo menekankan jika Fakhri Husaini sejatinya masih berpeluang untuk mendampingi timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2021.

Namun, segala keputusan perihal posisi kepelatihan timnas Indonesia sepenuhnya berada di tangan PSSI, yang periode sekarang dipimpin oleh Mochamad Iriawan.