Liga Indonesia

Papua Ingin Jadi Provinsi Sepak Bola, Legenda Persipura Beri Saran

Kamis, 27 Agustus 2020 20:15 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Sudjarwo/INDOSPORT
Legenda Persipura Jayapura, Eduard Ivakdalam menilai masih ada kekurangan  di rencana Papua menjadi provinsi sepak bola. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Legenda Persipura Jayapura, Eduard Ivakdalam menilai masih ada kekurangan di rencana Papua menjadi provinsi sepak bola.

INDOSPORT.COM - Pemerintah Provinsi Papua telah mencanangkan diri sebagai provinsi sepak bola di masa mendatang. Namun, ada beberapa hal yang masih dinilai kurang oleh salah satu legenda Persipura Jayapura, Eduard Ivakdalam.

Sang legenda menyarankan, jika Papua ingin menjadi provinsi sepak bola, ada sejumlah faktor penting yang harus ditingkatkan. Salah satunya yang paling mendasar menurut Eduard yakni SDM pelatih.

"Saya kira kalau sudah ada wacana dari gubernur kita jadi provinsi sepak bola, dari sekarang kita harus sudah siap SDM terutama pelatih karena yang buat kita jadi satu provinsi dengan sepak bola yang bagus berarti harus siap SDM, terutama pelatih lokal," ujar Eduard kepada wartawan olahraga di Jayapura, Kamis (27/8/20).

Dirinya menilai, dengan peningkatan SDM kepelatihan akan mewujudkan provinsi sepak bola yang benar-benar berkualitas sesuai harapan Gubernur Papua, Lukas Enembe.

"Saya kira selama ini yang menjadi masalah itu SDM, karena sampai sekarang juga banyak pelatih yang punya lisensi tapi tidak punya klub, sehingga nantinya apa yang diharapkan Pak Gubernur itu bisa terwujud dengan baik," bebernya.

Eduard juga berharap, dengan SDM kepelatihan yang baik, maka akan melahirkan talenta-talenta sepak bola berkualitas.

Sekadar diketahui, Gubernur Lukas Enembe telah mencanangkan Provinsi Papua sebagai provinsi sepak bola dan atletik.