Bola Internasional

Bundesliga Jerman 2020/21 Siap Digelar dengan Penonton di Stadion

Rabu, 16 September 2020 21:28 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas
© Lars Baron/Getty Images
Bundesliga Jerman 2020/21 akan menggelar pertandingan dengan penonton sebanyak 20 persen dari kapasitas stadion. Copyright: © Lars Baron/Getty Images
Bundesliga Jerman 2020/21 akan menggelar pertandingan dengan penonton sebanyak 20 persen dari kapasitas stadion.

INDOSPORT.COM – Bundesliga Jerman musim 2020/21 memperbolehkan 18 tim kontestannya untuk menghadirkan penonton di Stadion pada pekan perdana Sabtu (19/9/20) WIB.

Pandemi corona yang menyerang berbagai negara Eropa mematikan banyak sektor, terutama di dunia sepak bola. Banyak kompetisi top Eropa harus menunda kompetisi di pertengahan musim 2019/20 lalu.

Bahkan ada beberapa kompetisi yang harus dihentikan seperti Ligue 1 Prancis dan Eredivisie Belanda. Langkah tersebut diambil demi mengutamakan keselamatan serta kesehatan para pemain dan staf klub.

Namun ada sebagian liga yang terus melanjutkan kompetisi. Bundesliga Jerman menjadi pionir di balik banyaknya liga top Eropa yang memulai kembali kompetisi 2019/20.

Apa yang dilakukan tersebut lantas menjadi role model bagi beberapa negara di musim lalu. Kini, Bundesliga Jerman pun nampaknya akan menjadi pionir kembali untuk berbagai liga di Eropa setelah mengambil keputusan menghadirkan kembali penonton ke stadion di tengah pandemi corona.

Dalam menyambut musim 2020/21, Bundesliga Jerman mengizinkan 18 kontestannya membuka kembali stadion bagi publik. Namun dengan catatan, penonton yang hadir hanya 20 persen dari kapasitas stadion saja.

Aturan tersebut bahkan ditambah dengan aturan social distancing atau menjaga jarak. Nantinya satu penonton dengan penonton lainnya akan berjarak 1,5 meter dan menggunakan masker saat berada di tribun.

Sejatinya, kehadiran penonton di stadion telah dimulai di Prancis. Bahkan di Inggris pun penonton pernah hadir ke stadion kala Brighton menggelar laga persahabatan melawan Chelsea.

Terlepas dari hal tersebut, apa yang dilakukan Bundesliga Jerman tentunya akan memberi keuntungan bagi setiap kontestan. Pasalnya, setiap tim akan mendapat pemasukan dari tiket penonton di sepak bola yang sempat hilang sejak menyebarnya pandemi corona.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%