Liga Indonesia

PT LIB Beberkan Persiapannya Menjelang Bergulirnya Lanjutan Liga 1 2020

Senin, 21 September 2020 23:33 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Arif Rahman/INDOSPORT
Perwakilan klub Liga 1 2020, berdiskusi seusai manager meeting bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) di Hotel Sheraton, Jalan Ir. H Juanda, Kota Bandung, Senin (21/09/2020). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Perwakilan klub Liga 1 2020, berdiskusi seusai manager meeting bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) di Hotel Sheraton, Jalan Ir. H Juanda, Kota Bandung, Senin (21/09/2020).

INDOSPORT.COM - Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno, memastikan PT LIB sudah siap untuk menggelar lanjutan kompetisi Liga 1 2020, pada 1 Oktober 2020 hingga 28 Februari 2021. 

Kepastian PT LIB untuk menggelar kembali lanjutan Liga 1 2020, disampaikan oleh Sudjarno seusai menggelar manager meeting bersama perwakilan klub di Hotel Sheraton, Jalan Ir. H Juanda, Kota Bandung, Senin (21/09/2020). 

Menurut Sudjarno, pada pertemuan tersebut PT LIB dan klub peserta membahas beberapa poin mengenai teknis dan regulasi lanjutan Liga 1 2020. Selain itu, PT LIB juga menegaskan kesiapannya untuk menggelar kembali kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia. 

"Manager meeting kali ini luar biasa, karena sangat dinamis dan banyak sekali masukan-masukan yang bisa kita tindak lanjuti dan ada juga yang kita koreksi, kita sempurnakan, ada yang kita langsung eksekusi, banyak hal seperti dari regulasi, akan dikoreksi, disempurnakan tapi tidak terlalu urgent itu," kata Sudjarno seusai kegiatan. 

PT LIB menurutnya, perlu menegaskan mengenai kesiapannya untuk menggelar kembali lanjutan kompetisi Liga 1 2020, yang sudah dihentikan sejak pertengahan Maret lalu. 

Pasalnya, selama ini ada beberapa pihak yang ragu kompetisi bisa bergulir kembali, lantaran kasus covid-19 masih terus terjadi di Indonesia. Bahkan, belum lama ini ada beberapa daerah yang kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Tapi, ada hal Yang paling signifikan itu adalah kesiapan tim dan klub ini bagaimana LIB selaku operator yang diberi mandat oleh PSSI, klub ini ingin melihat kesiapan LIB dalam hal ini karena operatornya kita," ucapnya.

"Tadi di meeting kami menyampaikan kesiapan kita, untuk menjawab keragu raguan dan ke khawatiran yang selama ini mungkin jadi keraguan bagi klub kita jelaskan semua," jelas Sudjarno menambahkan. 

Sudjarno menuturkan, PT LIB sudah mempersiapkan segala sesuatunya, agar kompetisi Liga 1 2020 bisa digelar kembali dengan tetap memperhatikan kesehatan. Diantaranya, dengan menerapkan protokol kesehatan seperti swab test dan menyediakan bus bagi setiap tim yang akan melakoni laga tandang. 

Penggunan bus bagi tim yang akan melakoni pertandingan diterapkan, untuk mencegah penyebaran virus corona atau covid-19, terutama dalam perjalanan menuju dan pulang dari tempat pertandingan. 

"Salah satunya soal akomodasi, transportasi, dan pelaksanaan swab PCR yang jadi konsen kita. PSSI sudah punya MOU antara satgas covid dan penjabarannya sampai kebawah dan kita sudah laporkan kepada klub. Kita sudah melaksanankana medical workshop juga terkait bagaimana protokol kesehatan," ucapnya. 

"Bagaimana seandainya ada kasus seperti ini dan ini jadi fokus kita di medical workshop yang sudah kita laksanakan dan ini yang kita laporkan kepada LIB. Nah, inilah kita yang lapirkan kepada klub dan Insha Allah menambah kepercayaan klub untuk kita selaku opertor tentang persiapan kita. Tentunya terkait dengan masalah finasial dan itu maslah konsen kita tadi meeting dari pagi hingga siang ini," terangnya. 

Sementara itu, kick off Liga 1 2020 akan dimulai pada 1 Oktober mendatang dan seluruh pertandingan akan dipusatkan di Pulau Jawa.