Liga Indonesia

Motivasi Menurun, Ini yang Membuat Persib Tetap Apresiasi Pemainnya

Senin, 12 Oktober 2020 17:52 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
© media officer Persib
Pemain Persib Bandung berlatih di Stadion GBLA, Kota Bandung, Selasa (18/08/2020). Copyright: © media officer Persib
Pemain Persib Bandung berlatih di Stadion GBLA, Kota Bandung, Selasa (18/08/2020).

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, mengapresiasi kebugaran pemainnya pada sesi latihan yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Senin (12/10/20). 

Menurut Robert Alberts, pada sesi latihan tersebut Supardi Nasir dan kawan kondisi fisiknya tetap bugar, walaupun pada dua hari lalu Sabtu (10/10/20) mereka baru saja menjalani game internal di Stadion GBLA, Kota Bandung. 

Meski begitu, secara motivasi pasukannya belum berada dalam level terbaik. Hal itu, tak lepas dari ditundanya kick off Liga 1 2020 dan belum ada kepastian mengenai kelanjutan kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

"Ya itu benar, kami melihat game internal pada Sabtu lalu, kualitas menurun, intensitas menurun dan motivasi menurun. Karena kami harus memulai lagi (persiapan) dan mengawalinya dengan hanya bermain di antara tim kami saja," kata Robert Alberts seusai memimpin latihan di Stadion GBLA, Kota Bandung, Senin (12/10/20).

"Tetapi saya juga melihat tadi, pemulihan kondisi pemain bagus dan bisa kembali seperti semula. Jadi secara kondisi masih tetap ada di level yang bagus. Tapi secara motivasi belum kembali ke kondisi normal karena situasi yang tidak menentu ini," ungkapnya menambahkan. 

Pelatih asal Belanda ini menilai dalam kondisi ketidak pastian ini ada beberapa klub yang membayar gaji pemain sebesar 25 persen. Hal tersebut menurutnya, merasa heran dan bertanya-tanya. 

"Ada beberapa klub yang membayar lagi pemain dengan 25 persen gajinya yang mana itu menurut saya adalah kejahatan, itu seharusnya tidak terjadi. Dan juga belum ada surat dari PSSI jadi itu ilegal," ujar Robert Alberts. 

Meski saat ini jadwal kompetisi masih belum pasti, mantan pelatih PSM Makassar ini terus berusaha mengangkat kembali motivasi pasukannya. Agar saat kompetisi bergulir kembali, skuat Maung Bandung bisa tampil maksimal. 

"Pemain sangat kebingungan dengan apa yang terjadi tapi kami tetap melakukan apa yang kami senangi. Tapi intensitas dan kegembiraan dalam menata pertandingan di depan, tekad memberikan permainan terbaik, saat ini jelas terlihat tidak berada di level yang sama dari sebelumnya," ucapnya. 

"Jadi, kami harus bisa memotivasi pemain sebisa mungkin dan menstimulasi mereka. Kami senang bisa tetap berada di atas lapangan dan melakukan apa yang kami senangi," tegasnya. 

Sementara itu, Persib sudah memulai kembali latihannya pada Jumat (09/10/20). Setelah sempat, meliburkan aktivitasnya selama sepekan, seusai ada keputusan kick off lanjutan Liga 1 2020 ditunda.