Bola Internasional

3 Rekor Diego Maradona yang Sulit untuk Dipecahkan

Kamis, 26 November 2020 17:20 WIB
Editor: Juni Adi
© Etsuo Hara/Getty Images
Diego Maradona, saat berseragam Napoli 1986. Copyright: © Etsuo Hara/Getty Images
Diego Maradona, saat berseragam Napoli 1986.

INDOSPORT.COM - Dunia sepak bola kembali berduka setelah legenda Argentina, Diego Maradona menghembuskan nafas terakhirnya. Kehilangan Maradona tentu menjadi luka bagi penggemar sepak bola, terutama setelah karier yang luar biasa diikuti dengan banyaknya rekor.

Selama karier bermainnya, Maradona dinilai sebagai pemain yang spesial dan karenanya, ia berhasil memperkuat beberapa tim top Eropa selama karier profesionalnya sebagai pemain sepak bola.

Prestasi Maradona dengan Timnas Argentina juga tidak kalah mentereng, bahkan sang legenda berhasil meraih prestasi terbesar yang tidak bisa dimenangkan sosok bintang seperti Lionel Messi yakni memenangkan Piala Dunia.

Untuk mengenang kehebatan Maradona, kami sajikan tiga rekor luar biasa yang dibuat sang legenda selama karier bermainnya, tiga rekor yang sepertinya sulit untuk dipecahkan oleh pemain lain.

1. Pemain yang Paling Sering Dilanggar di Piala Dunia

Hingga sejauh ini, Maradona masih memegang rekor sebagai pemain yang paling banyak dilanggar di satu edisi Piala Dunia, 53 kali Maradona dilanggar selama Piala Dunia 1986 di Meksiko.

Pemain terbaru yang dilanggar paling banyak pada edisi terakhir Piala Dunia 2018 di Rusia adalah Neymar, namun pemain asal Brasil itu hanya mencatatkan 19 kali dilanggar, yang tentunya masih sangat jauh dari pencapaian Maradona.

Meski Piala Dunia 2022 sudah berada di depan mata, rasanya akan sangat sulit bagi pemain manapun untuk menyamai rekor miliki Maradona ini.

2. Pemain yang Berhasil Pecahkan Dua Kali Rekor Transfer

Maradona adalah satu-satunya pemain dalam sejarah sepak bola yang memecahkan rekor biaya transfer dua kali, sesuatu yang belum terjadi pada pemain mana pun di era modern.

Transfernya dari Boca Juniors ke Barcelona seharga 3 juta poundsterling, dan kemudian ke Napoli seharga 5 juta poundsterling, keduanya memecahkan rekor transfer pada tahun 1982 dan 1984.

Meski banyak transfer besar terjadi pada sepak bola era modern, belum terdapat pemain yang bisa menyamai prestasi Maradona dalam memecahkan rekor tersebut.

3. Pemain Argentina yang Menjadi Kapten di Dua Edisi Final Piala Dunia

Maradona adalah satu-satunya pemain Argentina yang berhasil menjadi kapten negaranya di dua final Piala Dunia yang berbeda, sesuatu yang sepertinya akan sulit dipecahkan pemain Argentina lainnya.

Memang dalam kasus pemain lain, ada juga pemain dari negara berbeda yang bisa menyamai pencapaian Maradona dengan menjadi kapten di dua final Piala Dunia, tapi khusus pemain asal Argentina, hingga saat ini masih belum ada.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%