Liga Indonesia

Pindah ke Solo, Bentuk Respons Bhayangkara Solo Terhadap Kebijakan PSSI

Jumat, 27 November 2020 21:27 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© Ronald Seger Prabowo/Indosport.com
Bhayangkara Solo FC resmi berhome base alias berkandang di Stadion Manahan. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/Indosport.com
Bhayangkara Solo FC resmi berhome base alias berkandang di Stadion Manahan.

INDOSPORT.COM - Gebrakan besar dilakukan tim Bhayangkara FC dalam menatap Liga 1 2020-2021. Bagaimana tidak tim berjuluk The Guardians ini berpindah home base dari Jakarta menuju Solo.

Tak tanggung-tanggung, tak hanya home base, mereka pun berganti nama menjadi Bhayangkara Solo FC. Peresmian dilakukan langsung oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono, yang juga selaku CEO Bhayangkara Solo FC, di Stadion Manahan Solo.

Dengan pindah ke Solo, tim besutan Paul Munster pun menempati mess baru. Dimana Saddil Ramdani cs akan tinggal di kawasan UNS.

"Kami sudah MoU dengan Rektor UNS, basecamp latihan rutin dan mess penginapan pemain di lingkungan UNS dan didukung penuh oleh pak Rektor. Di tempat lapangan Pasoepati Manahan Solo ini dalam rangka homebase dan homeground serta peresmian nama baru Bhayangkara FC menjadi Bhayangkara Solo FC," ucap CEO Bhayangkara FC, Irjen Pol Istiono.

Istiono menambahkan, perpindahan klub Bhayangkara Solo FC ini merupakan momen yang tepat untuk menumbuhkan semangat para generasi muda serta pemain berbakat yang dapat memajukan persepakbolaan khususnya di kota Solo.

"Penggantian nama ini tak lain adalah suatu wujud penghargaan kami dan aspirasi segenap masyarakat Solo atas dukungan dan kesediaannya menjadikan kota Solo ini sebuah homebase dan homeground baru bagi Bhayangkara Solo FC," tambah ia.

Selain itu, perpindahan homebase ini sebagai respon terhadap kebijakan PSSI pada masa pandemi Covid-19 yang merekomendasikan kompetisi liga 1 di konsentrasikan di wilayah Jawa bagian tengah agar memudahkan pelaksanaan kompetisi ditempuh jalan darat.

"Kami berharap dengan kepindahan homebase ini, mari kita bersama-sama membangun persepakbolaan negeri juga persepakbolaan kota Solo tanpa ada persaingan namun sinergitas yang bersifat membangun, kita terus tumbuh kembangkan," tukas ia.

Dalam acara peresmian ini sendiri, turut hadir wakil ketum PSSI Iwan Budianto, wakil Walikota Solo Ahmad Purnomo mewakili Walikota Solo F.X Hadi Rudyatmo, Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita, Direktur Operasional PT LIB Sudjarno.