Bola Internasional

Lionel Messi atau Diego Maradona, Siapa yang Lebih Hebat?

Minggu, 29 November 2020 15:52 WIB
Editor: Isman Fadil
© Getty Images
Diego Armando Maradona dan Lionel Messi dianggap sebagai salah satu pesepakbola terhebat sepanjang masa. Copyright: © Getty Images
Diego Armando Maradona dan Lionel Messi dianggap sebagai salah satu pesepakbola terhebat sepanjang masa.

INDOSPORT.COM - Diego Armando Maradona dan Lionel Messi dianggap sebagai salah satu pesepakbola terhebat sepanjang masa. Lantas, siapakah yang paling hebat dari keduanya?

Maradona memiliki karier yang cemerlang saat membawa Argentina menjuarai Piala Dunia 1986 dan membuat semua orang terkesima dengan kemampuan bermainnya yang luar biasa. Penggemar sepak bola tidak pernah mengira akan melihat murai Argentina seperti Maradona, hingga Messi muncul di pertengahan tahun 2000-an.

La Pulga -julukan Lionel Messi- belum bisa menyamai pencapaian Maradona di kancah internasional. Tapi di level klub, Messi benar-benar superior ketika dia memenangkan semua gelar paling berharga.

Bintang Barcelona berusia 33 tahun ini merupakan pemenang 6 kali Ballon d'Or. Perdebatan antara Maradona dan Messi, soal siapa yang lebih baik, belum berakhir sampai saat ini ini.

Mendiang jurnalis olahraga ternama asal Skotlandia, Hugh Mcllvanney, menilai bahwa Maradona masih lebih baik dari Messi. Namun pendapat itu dibantah oleh legenda Liverpool, Graeme Souness, yang sudah beberapa kali menghadapi mantan pemain Napoli semasa aktif bermain.

Jonathan Northcroft dari The Times pernah menulis dalam artikelnya yang tayang pada Januari 2019 tentang perdebatan panas antara Hugh Mcllvanney dan Graeme Souness soal mana yang lebih hebat antara Messi dan Maradona.

“Souness sangat marah dan berkata: 'Lihat, saya bermain dengan Maradona lima kali tetapi saya mengatakan Messi masih lebih baik'. Hugh menggeram, 'Saya tidak peduli siapa yang Anda lawan. Diego (Maradona) yang hebat'." 

Pelatih legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson, juga mengamini pendapat dari Souness yang menganggap Messi masih lebih hebat dari Maradona.

Alasannya, Messi sanggup mempertahankan permainan di level tertinggi saat usianya sudah menginjak 30 tahun ke atas. Berbeda dengan Maradona yang performanya menurun karena masalah di luar lapangan.

“Ngomong-ngomong, saya setuju dengan Souness. Karier Maradona di puncaknya hanya bertahan beberapa tahun," kata Sir Alex Ferguson.

Diego Maradona wafat pada Rabu (25/11/20) malam WIB karena mengalami henti jantung. Ucapan belasungkawa mengalir deras, tak terkecuali dari Lionel Messi.

"Hari yang sangat sedih untuk semua orang Argentina dan untuk sepakbola. Dia meninggalkan kita, tapi tidak pernah pergi karena Diego abadi," tulis Messi di Instagram pribadinya.

"Saya menyimpan semua momen bersamanya dan saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengirimkan duka cita ke seluruh keluarga dan teman-temannya. RIP," sambungnya.

Lionel Messi pernah dilatih Diego Maradona di Timnas Argentina pada Piala Dunia 2010. Sayang kombinasi mereka gagal membawa La Albiceleste juara di ajang terebut setelah ditekuk Jerman 0-4 pada babak perempatfinal.
 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%