Liga Spanyol

Duel Antarlini Laga Real Madrid vs Atletico Madrid: Perang Skema Zidane-Simeone

Sabtu, 12 Desember 2020 14:49 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Duel sengit bakal tersaji dalam lanjutan LaLiga Spanyol antara Real Madrid vs Atletico Madrid di Estadio Alfredo Di Stefano pada Minggu (13/12/20) dini hari WIB. Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Duel sengit bakal tersaji dalam lanjutan LaLiga Spanyol antara Real Madrid vs Atletico Madrid di Estadio Alfredo Di Stefano pada Minggu (13/12/20) dini hari WIB.

INDOSPORT.COM - Duel sengit bakal tersaji dalam lanjutan LaLiga Spanyol antara Real Madrid vs Atletico Madrid di Estadio Alfredo Di Stefano pada Minggu (13/12/20) dini hari WIB.

Derbi Madrid kali ini rasanya bakal sangat spesial. Sebab bisa dikatakan ini adalah kesempatan terbaik Atletico Madrid untuk meraih gelar juara LaLiga Spanyol setelah bermusim-musim selalu di bawah Real Madrid.

Asalkan bisa meraih kemenangan kali ini, maka Atletico Madrid akan menciptakan perbedaan jarak poin dengan Real Madrid hingga 9 angka. Sadar jika derbi kali ini bisa menentukan gelar, Real Madrid pun diyakini bakal tampil sangat serius dalam laga kali ini.

Untungnya bagi Real Madrid, mereka akan turun dengan kekuatan penuh seperti Sergio Ramos dan Karim Benzema. Menarik rasanya untuk menantikan duel derbi Madrid ini, siapapun yang menang maka peluang untuk juara LaLiga Spanyol semakin besar.

Untuk menambah keseruan, berikut ini kami ulas duel perlini laga Real Madrid vs Atletico Madrid. 

Formasi
Real Madrid (4-3-3)
Atletico Madrid (3-5-2)

Kiper

Untuk posisi kiper kedua tim bakal menurunkan pemain terbaik mereka. Di kubu Real Madrid ada Thibaut Courtois yang musim ini tampil full untuk Los Blancos. 

Awal musim 2020-2021 tidak berjalan begitu baik untuk lini pertahanan Madrid. Courtois sudah kebobolan 21 gol dari 17 laga di semua kompetisi. 

Courtois cuma mencatatkan 6 cleansheet sejauh ini. Catatan milik Courtois kalah jauh dari yang dimiliki Jan Oblak. 

Dalam 16 laga di semua kompetisi musim ini, Oblak abru kebobolan 10 gol. Ia juga berhasil mencatatakan 10 cleansheet. Sekadar catatan, sampai laga ke-10, Atletico Madrid menjadi tim dengan angka kebobolan paling sedikit yakni hanya dua gol. 

Belakang

Untuk posisi belakang, kedua tim menggunakan formasi yang berbeda. Real Madrid memakai skema empat bek dengan mengandalkan pemain utama mereka. 

Dalam laga ini Madrid bisa diperkuat oleh Sergio Ramos. Barisan belakang El Real bakal dihuni oleh Mendy (kiri), Varane (tengah), Ramos (tengah), dan Carvajal (kanan). 

Secara keseluruhan, kinerja lini belakang Real Madrid kurang maksimal musim ini. Hal ini berbanding jauh dengan Atletico Madrid. 

Jika El Real sudah kebobolan 12 gol di LaLiga Spanyol, maka Atletico baru kebobolan dua gol. Tim tamu sendiri siap menantang Madrid dengan barisan tiga bek mereka. 

Atletico akan menurunkan Savic (kanan), Felipe (tengah), dan Hermoso (kiri). Formasi 3-5-2 yang diusung Diego Simeone memang memiliki keunggulan dalam transisi bertahan dan menyerang begitu pun sebaliknya. 

Tengah

Pertarungan menarik akan terjadi di lini tengah. Kedua tim menerapkan taktik berbeda di mana Real Madrid akan memainkan tiga gelandang sejajar mereka yakni Toni Kroos (kiri) Casemiro (tengah), dan Luka Modric (kanan). 

Sementara Atletico Madrid akan menumpukkan gelandangnya yang terdiri dari Koke, Niguez, dan Llorente di tengah serta dibantu oleh gelandang kiri dan kanan yakni Kierran Trippier dan Carrasco. 

Real Madrid mesti mewaspadai pergerakan dua sayap Ateltico, yakni Trippier dan Carrasco sebab dua pemain itu jadi kunci penting gemilangnya penampilan Atletico sejauh ini. 

Depan

Untuk lini depan, bisa dibilang kedua tim sama bagusnya. Bedanya, Real Madrid mengandalkan skema 4-3-3 menyerang dengan tiga penyerang yakni Martin Odegaard di kiri, Asensio di kanan, dan Karim Benzema di ujung tombak. 

Sementara Atletico Madrid akan menduetkan Joao Felix dan Luis Suarez di lini depan. Suarez yang baru didatangkan awal musim ini dari Barcelona sukses tampil gemilang dengan mencetak lima gol di LaLiga Spanyol. 

Sementara itu, meski tidak bermain sebagai playmaker, Joao Felix bisa menjalankan perannya dengan baik saat diduetkan dengan Suarez sebagai striker murni di lini depan Atletico Madrid