Liga Inggris

Hasil Pertandingan Liga Inggris Everton vs Chelsea: Mendy Blunder, The Blues Kalah

Minggu, 13 Desember 2020 04:55 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Jon Super/PA Images via Getty Images
Berikut hasil pertandingan Liga Inggris antara Everton vs Chelsea, Minggu (13/12/20). Everton menang tipis berkat blunder kiper The Blues, Edouard Mendy. Copyright: © Jon Super/PA Images via Getty Images
Berikut hasil pertandingan Liga Inggris antara Everton vs Chelsea, Minggu (13/12/20). Everton menang tipis berkat blunder kiper The Blues, Edouard Mendy.

INDOSPORT.COM – Berikut hasil pertandingan Liga Inggris antara Everton vs Chelsea, Minggu (13/12/20). Everton menang tipis berkat blunder kiper The Blues, Edouard Mendy.

Chelsea membidik kemenangan saat bertandang ke markas Everton, Minggu (13/12/20) pukul 03:00 WIB. Pasalnya, raihan 3 poin akan membawa mereka ke puncak klasemen Liga Inggris menggusur Tottenham dan Liverpool yang baru bermain sehari kemudian.

Kedua tim sama-sama menggunakan pola permainan yang sama, yakni 4-3-3. The Toffees mengandalkan trio Richarlison, Dominic Calvert-Lewin, dan Alex Iwobi, sedangkan Chelsea menurunkan Kai Havertz, Olivier Giroud, dan Timo Werner.

Laga baru memasuki menit keenam ketika Everton mendapatkan peluang lewat aksi Richarlison yang meliuk-liuk menembus kotak penalti The Blues. Sayangnya, tembakannya masih terlalu lemah sehingga bisa diamankan Edouard Mendy dengan mudah.

Menit ke-18, Edouard Mendy tampak mengalami cedera usai terjatuh dengan posisi yang tidak tepat seusai menangkap bola di udara. Meski demikian, ia bisa melanjutkan permainan.

Empat menit kemudian, kiper Chelsea itu membuat kesalahan. Aksinya menabrak Dominic Calvert-Lewin membuahkan penalti untuk Everton, yang dieksekusi dengan sempurna oleh Gylfi Sigurdsson. Skor 1-0 untuk The Toffees.

Tertinggal satu gol membuat The Blues tersengat. Dalam kurun waktu empat menit, mereka mendapat dua peluang lewat Reece James yang masing-masing gagal berkat penyelamatan Jordan Pickford dan membentur tiang gawang.

Berikutnya, giliran Kurt Zouma yang gigit jari setelah tendangannya dari dalam kotak penalti masih terlalu lemah sehingga bisa diamankan dengan mudah oleh Pickford.

Menit ke-40, Richarlison kembali mendapatkan peluang usai menerima umpan tebosan. Beruntung bagi Chelsea, Mendy kali ini tampil sigap untuk mengamankannya.

Setelahnya tak ada peluang berarti dari kedua tim sehingga babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk The Toffees.

Dua menit babak kedua berjalan, Chelsea langsung mendapat peluang. Pickford membuang bola yang kemudian justru jatuh di kaki Mason Mount. Sayangnya, sepakan sang gelandang masih melambung di atas mistar meski Pickford sudah mati langkah.

Lima menit kemudian, Richarlison untuk kesekian kalinya membuang peluang. Tembakan mendatarnya masih bisa diselamatkan Mendy sambil menjatuhkan diri.

Menit ke-54, giliran Sigurdsson yang gagal menggandakan keunggulan The Toffees setelah eksekusi tendangan bebasnya masih melambung di atas mistar meski Mendy sudah terpeleset.

Chelsea balas menyerang lewat Reece James yang menjadi penampil terbaik mereka sejauh ini. Namun, sepakan sang bek kanan masih bisa diamankan oleh Pickford.

Everton kembali mendapatkan penalti di menit ke-63 setelah Ben Chilwell melanggar Calvert-Lewin. Kegembiraan pemain The Toffees tak bertahan lama karena keputusan itu kemudian dibatalkan setelah wasit Jon Moss mengamati ulang situasi itu lewat VAR.

Lima menit kemudian Frank Lampard menarik keluar Kai Havertz yang tak efektif untuk digantikan Tammy Abraham.

Menit ke-80, Mason Mount mendapatkan peluang emas untuk menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas tepat di luar kotak penalti. Sayangnya, bola tendangannya masih membentur tiang sebelah kiri  meski sudah tak bisa dijangkau Pickford.

Chelsea yang tak ingin dipermalukan berusaha menggempur Everton di sisa waktu pertandingan. Namun, ketatnya pertahanan The Toffees mengagalkan semua upaya mereka. Skor 1-0 untuk tuan rumah pun bertahan hingga akhir laga.

Hasil ini tak memengaruhi posisi Chelsea di peringkat tiga klasemen Liga Inggris. Di sisi lain, raihan 3 poin membawa The Toffees naik ke peringkat 7 menggusur Manchester United.

Everton (4-3-3): Pickford; Holgatem, Keane, Mina, Godfrey; Doucoure, Allan, Sigurdsson; Iwobi, Calvert-Lewin, Richarlison.

Chelsea (4-3-3): Mendy; James, Silva, Zouma, Chilwell; Kovacic, Kante, Mount; Havertz, Giroud, Werner.