Liga Indonesia

'Menganggur', Pelatih Bali United Dapat Tawaran Menggiurkan dari 3 Negara

Senin, 14 Desember 2020 09:45 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra.

INDOSPORT.COM - Prestasi gemilang yang dicatatkan pelatih asal Brasil, Stefano Cugurra, ternyata dipantau tim-tim luar negeri. Saat nasib Liga 1 2020 tak kunjung belum jelas, Teco, sapaan akrabnya, mendapat tawaran menggiurkan dari tiga negara berbeda.

Teco merupakan pelatih tersukses dalam edisi Liga 1. Dalam tiga edisi, dia sukses mengamankan gelar Liga 1 2018 bersama Persija Jakarta dan Bali United (Liga 1 2019).

Musim ini, Teco bisa saja mencatatkan hattrick. Apalagi Bali United tak kehilangan satu pun pemain utama musim lalu, bahkan mendapatkan sederet amunisi berkualitas, seperti Gavin Kwan Adsit, Lerby Eliandry, hingga M. Rahmat.

Sayangnya, pandemi virus corona membuat Liga 1 2020 hanya berjalan tiga laga sebelum dihentikan dan Bali United mencatatkan dua kemenangan plus sekali hasil imbang. Sampai pengujung tahun, nasib Liga 1 masih samar-samar.

Situasi ini coba dimanfaatkan klub-klub luar negeri untuk memboyong Teco. Mereka yakin sentuhan pelatih bisa membawa prestasi bagi klub. Setidaknya sudah ada klub dari tiga negara berbeda yang menginginkan jasanya.

"Saya ada terima tawaran dari Thailand, Vietnam, dan Malaysia," ucap Stefano Cugurra kepada awak media, Senin (14/12/20).

Thailand dan Malaysia pernah didatangi Teco. Dari dua negara itu, dia punya catatan bagus di Thailand. Dia pernah membesut Chiangrai United (2011-2013), Phuket FC (2013-2014), Osotspa Samut Prakan (2014-2015), dan Royal Thai Navy (2015-2016).

Vietnam bisa menjadi tantangan menarik bagi Teco. Apalagi tahun ini, dia sempat membawa Bali United menghajar Than Quang Ninh di fase grup Piala AFC 2020, dengan skor 4-1.

"Saya belum menerima tantangan itu saat ini. Saya mesti melihat di tim Bali United terlebih dulu," pungkas Stefano Cugurra.

Pada awal kedatangan ke Bali United, Teco meneken kontrak berdurasi dua tahun. Belum diketahui apakah dia menandatangani kontrak baru setelah juara Liga 1 2019. Andai belum, artinya masa baktinya akan habis pada Januari 2021.