Bola Internasional

Apa Kabar Andri Syahputra, Putra Aceh yang Bersinar di Liga Qatar

Selasa, 15 Desember 2020 21:02 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Aitor Alcalde - FIFA / Contributor / Getty Images
Andri Syahputra (kanan) saat Qatar melawan Ukraina Copyright: © Aitor Alcalde - FIFA / Contributor / Getty Images
Andri Syahputra (kanan) saat Qatar melawan Ukraina

INDOSPORT.COM – Melihat kabar terkini dari salah satu pesepakbola kelahiran Aceh, Andri Syahputra yang tampil gemilang di Liga Qatar dalam beberapa musim terakhir.

Nama Andri Syahputra sendiri memang sempat ramai diperbincangkan sejak 2017 silam, tepatnya saat penyerang berusia 21 tahun ini direkrut tim kasta teratas Liga Qatar, Al-Gharafa.

Selama lima musim memperkuat Al-Gharafa, Andri Syahputra berhasil mencatatkan 11 pertandingan dengan total waktu bermain selama 241 menit. Bahkan, jebolan Aspire Academy ini sempat bermain bersama legenda Timnas Belanda, Wesley Sneijder pada musim 2018 silam.

Gemilangnya penampilan Andri Syahputra di Liga Qatar, membuat pelatih Timnas Qatar kelompok junior kepincut menggunakan jasanya. Tercatat, Andri Syahputra telah tampil sebanyak 8 laga bersama Qatar U-19 dan U-20 dengan torehan satu gol.

Sempat menuai polemik usai sang pemain memutuskan memperkuat Timnas Qatar di gelaran Piala Dunia U-20 tahun 2019 silam, namun kiprah Andri Syahputra di Stars League tetap gemilang.

Kepada redaksi INDOSPORT, Agus Sudarmanto selaku Ayahanda Andri Syahputra menceritakan kondisi terkini putranya, terutama pasca kompetisi berhenti akibat pandemi Corona.

Agus Sudarmanto menjelaskan, bahwa sang putra secara perlahan mampu menemukan kembali performa terbaiknya bahkan dipercaya untuk memperkuat dua tim Al-Gharafa.

“Qatar Stars League sudah normal, activities nya latihan dan match. Qatar Star League seiring jalan League nya dengan U23,” ucap Agus Sudarmanto.

“Saat ini kekuatan tim di QSL hampir merata, Andri sendiri masih 21 tahun tapi dipercaya main di dua team yakni senior dan U23, kalau tidak main di senior dia main di U 23,” tambahnya.

Lebih lanjut  Agus Sudarmanto menyebut, jika protokol kesehatan di Liga Qatar sudah sangat baik dan ketat, sehingga pihak penyelenggara liga tak ragu untuk menggulikan kembali kompetisi.

“saat akan dimulai league mereka dikarantina selama sebulan di Ritz Carlton Hotel. Protocol Nya keep distance, wearing face mask. Awalnya setiap 3 hari test covid19, sekarang setiap 7 hari test covid19,” tutup Agus.

Pada musim 20/21, Andri Syahputra sempat mendapat kesempatan tampil bersama tim utama Al-Gharafa. Meski belum menjadi starter, namun penyerang kelahiran Lhokseumawe ini berhasil dipercaya masuk sebagai pemain pengganti saat timnya menjamu Qatar SC dan Al-Kharaitiyat di Qatar Star League.