Liga Spanyol

Ronald Koeman Dalam Bahaya? Xavi Bakal Jadi Pelatih Anyar Barcelona

Selasa, 15 Desember 2020 15:52 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
© [email protected]#xavihernández
Xavi nampaknya bisa bikin Ronald Koeman gigit jari karena jadi pelatih anyar raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona. Copyright: © Instagram@#xavihernández
Xavi nampaknya bisa bikin Ronald Koeman gigit jari karena jadi pelatih anyar raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona.

INDOSPORT.COM - Sepanjang bergulirnya LaLiga Spanyol 2020-2021, banyak catatan negatif yang dibawa oleh Ronald Koeman semenjak tukangi Barcelona. Posisinya pun patut dalam bahaya karena Xavi benar-benar bisa gantikan posisinya.

Harapan dari El Barca sejatinya hanya satu usai musim lalu tak menangkan trofi sama sekali yakni agar perfoma mereka kembali seperti sedia kala. Maklum, bencana yang dibuat oleh pelatih Ernesto Valverde hingga penggantinya, Quique Setien sulit untuk bisa ditoleransi.

Bayangkan saja, titel LaLiga Spanyol yang direbut oleh Real Madrid baru awalnya saja usai insiden memalukan dibantai 2-8 oleh Bayern Munchen menimpa mereka di Liga Champions. Alih-alih dapat pengganti sepada Setien, Koeman malah buat Cules was-was.

Bagaimana tidak? Untuk pertama kalinya awalan buruk berupa lima kali kalah di gelaran LaLiga Spanyol buat Koeman lebih buruk dari catatan Frank Rijkard 17 tahun lalu. Legenda klub, Javier Saviola, pun percaya jika Xavi akan jadi pelatih baru Barcelona nantinya.

"Hari ini adalah perayaan bagi sepak bola Spanyol, saya tak hanya mengidolakan dia (Xavi) sebagai pemain melainkan juga teman. Apa yang paling membuatnya hebat ialah visi dalam pertandingan sepak bola," tutur Saviola dilansir laman Marca.

"Saya pikir Xavi akan berakhir menjadi pelatih Barcelona karena itu sudah ada dalam DNA-nya. Dia sedang melatih untuk dapat banyak pengalaman dan bersiap duduk di kursi itu. Saya percaya dia benar-benar akan segera pulang," imbuhnya.

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, mantan playmaker terbaik Spanyol itu memang pernah jadi bagian generasi emas Blaugrana pada masanya. Setelah gantung sepatu, ia pun kini masih berkiprah di dunia sepak bola dengan jadi pelatih raksasa Qatar, Al Sadd.

Terkesan baru ditunjuk sebagai juru taktik 2019 lalu, dirinya langsung catatkan prestasi cukup membanggakan. Lewat tangan dinginnya, legenda Barca tersebut buat Al Sadd menyabet Piala Super Qatar, Qatar Cup, hingga Qatari Stars Cup.

Jika dibandingkan Ronald Koeman yang hanya mampu sumbangkan gelar saat berkarier kepelatihan di Ajax Amsterdam, Xavi bisa jadi solusi terbaik Barcelona dalam waktu dekat. Apalagi hubungan baiknya mungkin bisa buat Lionel Messi tak jadi tinggalkan LaLiga Spanyol.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
100%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%