Liga Indonesia

Persipura Diizinkan Bermarkas di Stadion Mandala untuk AFC Cup 2021

Rabu, 23 Desember 2020 16:06 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Herry Ibrahim
© Sudjarwo/INDOSPORT
Persipura Diizinkan Bermarkas di Stadion Mandala untuk AFC Cup 2021. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Persipura Diizinkan Bermarkas di Stadion Mandala untuk AFC Cup 2021.

INDOSPORT.COM - Pihak pengelola Stadion Mandala Jayapura bakal membuka pintu bagi klub Persipura Jayapura yang hendak bermarkas di Stadion tersebut untuk ajang AFC Cup 2021. 

Hanya saja, Stadion Mandala baru bisa digunakan setelah proses serah terima dari pihak Dinas PU Provinsi Papua kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua.

Pasalnya, pengelolaan Stadion kebanggaan masyarakat Papua, khususnya Jayapura ini, bakal diambil alih oleh KONI Papua, mengingat Wisma Atlet dan Kantor KONI Papua berada di kawasan olahraga Stadion Mandala.

"Stadion Mandala sudah ada lampu hijau, kemarin dari dinas PU sudah koordinasi dengan kami untuk penyerahannya dan akan dihibahkan ke KONI Papua, tinggal MoU dengan Pak Sekum KONI," kata Ketua Bidang Sarana dan Prasaran KONI Papua Benny Jensenem kepada awak media olahraga INDOSPORT, Rabu (23/12/10).

Dijelaskan Benny, Persipura tetap akan diberikan izin untuk berlaga di Stadion Mandala selagi tidak berbenturan dengan agenda KONI, karena stadion tersebut juga digunakan untuk pemusatan latihan atlet Papua dan akan menjadi salah satu venue pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 mendatang.

"Otomatis Persipura bisa berlaga di Stadion Mandala, karena sudah diizinkan untuk menggunakan lapangan itu, jadi untuk menggelar pertandingan bisa, cuma kewenangan itu ada di KONI, jadi kita mengatur dengan kepentingan kita dan kepentingan KONI juga harus diutamakan," kata Benny.

Manajemen Persipura Jayapura baru saja mengirim 4 berkas persyaratan kepada federasi sepak bola Indonesia (PSSI) yang akan diteruskan kepada konfederasi sepak bola Asia (AFC) untuk mengikuti ajang AFC Cup 2021.

Adapun 4 persyaratan tersebut yakni informasi klub, persetujuan keikutsertaan tim, warna jersey, dan terakhir sertifikasi pencahayaan stadion.

Manajemen Persipura akhirnya mendaftarkan Stadion Mandala sebagai home base mereka karena punya pengalaman menggelar pertandingan AFC Cup dan juga sudah terverifikasi. 

Stadion Mandala baru saja direnovasi oleh Pemerintah Provinsi Papua sebagai persiapan menjelang perhelatan PON XX. Stadion ini bisa menampung hingga 30.000-an penonton dan sudah memiliki sejumlah fasilitas yang memenuhi syarat, seperti rumput berstandar internasional dan juga scoring board digital.