Liga Spanyol

Torehan Fantastis Diego Simeone selama 9 Tahun Menukangi Atletico Madrid

Kamis, 24 Desember 2020 04:21 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© UEFA - Handout/UEFA via Getty Images
Intip torehan fantastis Diego Simeone selama sembilan tahun menukangi Atletico Madrid. Copyright: © UEFA - Handout/UEFA via Getty Images
Intip torehan fantastis Diego Simeone selama sembilan tahun menukangi Atletico Madrid.

INDOSPORT.COM – Diego Simeone baru saja merayakan sembilan tahun kebersamaannya dengan Atletico Madrid sebagai pelatih. Dalam jangka waktu tersebut, ia telah menorehkan catatan fantastis. Apa itu?

Simeone bisa dikatakan pahlawan bagi Atletico dewasa ini. Tak hanya sebagai pemain, pria berjuluk El Cholo ini juga menjadi pahlwan Los Rojiblancos kala menjadi pelatih.

Simeone pertama kali menukangi Atletico pada 2011 silam. Ia menggantikan Gregorio Manzano kala itu yang dianggap membawa Los Rojiblancos tampil buruk.

Tugas berat pun menanti Simeone kala itu. Sebab, kala itu Atletico berada di peringkat 10 LaLiga Spanyol dan terpaut 21 poin dari pemuncak klasemen.

Penunjukkannya pun sempat dipandang sebelah mata. Sebab Diego Simeone baru menukangi tim-tim di Argentina. Namun siapa sangka, dalam perjalanannya, ia mampu membuktikan kapasitasnya dan menaikkan derajat Atletico Madrid.

Pada saat Atletico bertandang ke markas Real Sociedad (23/12/20), Simeone menjalani laga ke-499 nya di segala ajang bersama Los Rojiblancos sebagai pelatih.

Dalam 499 laga tersebut, ia mencetak torehan fantastis di mana Simeone mampu membawa Atletico meraih 300 kemenangan, 117 kali hasil imbang dan hanya 82 kekalahan saja.

Jika dikalkulasikan, Simeone memiliki presentase kemenangan berkisar 60,1 persen. Catatan fantastis tentunya mengingat banyaknya laga yang telah ia jalani sebagai pelatih Atletico.

Apiknya presentase kemenangan tersebut pun berbanding lurus dengan prestasi yang ia torehkan. Sejak menukangi Atletico pada 2011 silam, ia telah memberi tujuh gelar prestisius.

Salah satu gelar yang Diego Simeone berikan kepada Atletico Madrid adalah gelar LaLiga Spanyol 2013/14. Di musim ini, ia pun berkesempatan mengulangi pencapaian tersebut mengingat apiknya penampilan Los Rojiblancos saat ini.