Liga Inggris

3 Wonderkid Kreatif yang Bisa Gantikan Peran Mesut Ozil di Arsenal

Jumat, 25 Desember 2020 16:39 WIB
Editor: Juni Adi
© Chloe Knott - Danehouse/Getty Images
Mesut Ozil tampak tak percaya Arsenal ditahan West Ham United di Liga Primer Inggris Copyright: © Chloe Knott - Danehouse/Getty Images
Mesut Ozil tampak tak percaya Arsenal ditahan West Ham United di Liga Primer Inggris

INDOSPORT.COM - Arsenal bisa mencari pemain muda potensial untuk menggantikan peran Mesut Ozil, yang akan pindah musim dinign atau musim panas nanti.

Mesut Ozil merupakan pemain Arsenal yang sering mendapat kritik dari para fansnya musim ini. Performa pemain berusia 31 tahun asal Jerman itu terus menurun drastis.

Tak bisa dipungkiri bahwa Mesut Ozil telah habis dan sudah tak layak bermain di Arsenal. Pemenang Piala Dunia 2014 bersama Timnas Jerman itu pun lebih sering dicadangkan Mikel Arteta, atau bahkan tidak disertakan sama sekali dalam sebuah laga.

Dengan gaji 350 ribu pounds atau Rp6,1 miliar per pekan, Arsenal tentu tak mau uangnya keluar dengan sia-sia. Ozil pun kabarnya siap dirilis Arsenal di bursa transfer musim panas.

Meski demikian, Arsenal tetap harus mencoba beberapa alternatif pemain yang mampu menggantikan peran Ozil di dalam skuat Arsenal saat ini.

Berikut tiga pemain muda yang bisa jadi opsi bagi Arsenal untuk menggantikan tempat yang ditinggalkan Ozil, sebagai gelandang kreatif.

1. Orkun Kokcu (Feyenoord)

Orkun Kokcu merupakan pemain binaan dari akademi Groningen yang memang terkenal sering mengorbitkan pemain-pemain besar. Pemain berusia 19 tahun itu masuk ke tim utama Feyenoord pada musim 2018/19 dan tampil semakin baik di musim ini.

Kokcu menjadi pemain reguler di Feyenoord dan mencetak tiga gol serta enam assist dalam 35 penampilan di semua kompetisi. Kokcu adalah pemain yang kreatif di lini tengah.

Ia bisa jadi pengganti yang sepadan dari Mesut Ozil. Cara Kokcu membongkar pertahanan lawan dan diakhiri dengan umpan akurat kerap menuai pujian.

Namun, Feyenoord tentu tak akan melepas sang pemain dengan harga murah mengingat gelandang Turki kelahiran Belanda ini masih memiliki kontrak dua tahun lagi dengan tim yang bermarkas di De Kuip Stadium itu.

2. Houssem Aouar (Olympique Lyon)

Reputasi Houssem Aouar di Lyon menarik minat beberapa klub besar di Eropa, seperti Juventus dan Real Madrid. Namun, Arsenal bisa menjadi tujuan yang lebih baik bagi pemain 21 tahun itu.

Aouar adalah pemain yang sangat fleksibel di lini tengah. Kemampuan dirinya kerap dibandingkan dengan bintang Real Madrid dan pemenang Ballon d'Or, Luka Modric.

3. Emile Smith Rowe (Arsenal)

Jika tidak ingin menghamburkan uang di bursa transfer, Arsenal mungkin dapat memilih Emile Smith Rowe sebagai pengganti Mesut Ozil. Pemain berusia 19 tahun itu pernah menjadi berita utama di musim panas 2018/19 selama tur pra-musim.

Saat itu, Emile Smith Rowe  mencetak gol dengan aksi individu luar biasa kala melawan Atletico Madrid di Singapura. Bahkan, golnya dibandingkan dengan apa yang pernah dilakukan Lionel Messi.

Meski Arsenal mengikatnya dengan kontrak jangka panjang setelah itu, dirinya hanya bisa membuat 12 penampilan kompetitif untuk tim utama. Ia kemudian dipinjamkan ke klub Bundesliga Jerman, RB Leipzig.

Di klub itu, ia menjalani masa pinjaman yang mengecewakan. Namun, Emile menemukan lagi bentuk permainannya setelah dipinjamkan ke Huddersfield Town sejak Januari 2020 lalu.

Pemain berusia 20 tahun itu menikmati awal yang baik di Divisi Championship bersama Huddersfield. Emile mampu mencetak satu gol dan tiga assist dari 15 penampilan.