Liga Indonesia

Beratnya Tugas Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia Meski Piala Dunia U-20 Ditunda

Jumat, 25 Desember 2020 19:05 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Mike Kireev/NurPhoto via Getty Images
Beratnya Tugas Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia Meski Piala Dunia U-20 Ditunda Copyright: © Mike Kireev/NurPhoto via Getty Images
Beratnya Tugas Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia Meski Piala Dunia U-20 Ditunda

INDOSPORT.COM – Meski gelaran Piala Dunia U-20 telah resmi ditunda, namun pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong masih memikul beberapa tugas berat serta target tinggi sepanjang tahun 2021 mendatang.

Induk federasi sepak bola tertinggi dunia, FIFA, sebelumnya memang telah memastikan bahwa gelaran Piala Dunia U-20 yang sejatinya diselenggarakan tahun 2021 mendatang, bakal ditunda hingga tahun 2023.

Melansir dari laman resminya, masih merebaknya penyebaran Pandemi Covid-19 yang masih belum bisa terkendali terutama di sebagian wilayah Asia, jadi dasar pengambilan keputusan penundaan ini.

"Dengan demikian, menjadi jelas bahwa situasi global telah gagal untuk dinormalisasi ke tingkat yang memadai untuk mengatasi tantangan yang terkait dengan penyelenggaraan kedua turnamen," tulis FIFA.

Meski mengalami penundaan, FIFA memastikan Indonesia dan Peru tetap menjadi tuan rumah dua event tersebut. Di mana Indonesia untuk Piala Dunia U-20, sementara Peru untuk tuan rumah Piala Dunia U-17.

Walau satu kompetisi besar dipastikan batal bergulir, namun tugas berat tampaknya masih menanti pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sepanjang tahun 2021 mendatang.

Pasalnya, pelatih asal Korea Selatan tersebut masih harus mendampingi Timnas Indonesia berbagai jenjang umur tampil di sejumlah kompetisi.

Melansir dari laman resmi PSSI, diketahui setidaknya ada lima turnamen yang bakal dijalani skuad Garuda, mulai dari Piala Asia U-19, Kualifikasi Piala Asia U-22, SEA Games 2021, lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia serta Piala AFF 2020.

Jika melihat dari daftar lawan yang bakal dihadapi, Shin Tae-yong tampaknya tak memiliki cukup waktu luang untuk bersantai dan harus sesegera mungkin menyiapkan skuad terbaiknya.

Seperti di ajang Piala Asia U-19 yang mulai berlangsung awal Maret 2021, di mana Timnas Indonesia U-19 sudah harus bertanding melawan Kamboja, Iran serta tuan rumah Uzbekistan di babak penyisihan grup.

Untuk gelaran ini, Timnas Indonesia sudah menjalani pemusatan latihan dengan berangkat ke Spanyol mulai akhir pekan nanti.

Setelah berjuang di Piala Asia, Shin Tae-yong akan kembali membesut Timnas Indonesia untuk level senior, yakni dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 yang diprediksi bakal berlangsung pada bulan Maret hingga Juni 2021.

Dalam ajang tersebut, Timnas Indonesia akan menghadapi tiga tim yakni Thailand, Uni Emirate Arab serta Vietnam. Sebagai informasi, Timnas Indonesia belum pernah meraih satu kemenangan ataupun poin di Kualifikasi Piala Dunia 2022, sehingga tugas Shin Tae-yong sangat berat untuk minimal mempersembahkan poin perdana kepada skuad Garuda.

Tak berselang lama, Shin Tae-yong kembali harus memimpin Timnas Indonesia di level U-23. Tepatnya saat mentas di ajang kualifikasi Piala Asia U-23 2022 serta SEA Games yang berlangsung pada tanggal 21 November hingga 2 Desember 2021.

Hanya berselang tiga hari selepas SEA Games, Shin Tae-yong kembali menukangi Timnas Indonesia senior untuk tampil di gelaran Piala AFF yang berlangsung di Vietnam.

Meski tak kalah prestisius, namun tugas berat juga diemban Shin Tae-yong di ajang ini. Timnas Indonesia ditargetkan bisa meraih gelar juara AFF yang belum pernah mereka raih sepanjang 12 kali turnamen bergulir.

Lantas dengan waktu kompetisi yang cukup berdekatan serta fokus yang harus terbagi, mampukah Shin Tae-yong memberikan hasil maksimal bahkan juara untuk Timnas Indonesia? Menarik dinantikan.