Bola Internasional

Dipanggil Timnas U19, Elkan Baggott Justru Terdampak Mutasi Corona

Jumat, 25 Desember 2020 12:03 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Lanjar Wiratri
© Twitter@dylancrowe62/@ElkanBaggott
Dylan Crowe dan Elkan Baggott. Copyright: © Twitter@dylancrowe62/@ElkanBaggott
Dylan Crowe dan Elkan Baggott.

INDOSPORT.COM – Peman Ipswich Town, Elkan Baggott, menghadapi situasi serius menyusul pemanggilan namanya ke kamp pelatihan Timnas Indonesia U-19 di Spanyol.

Pelatih kepala Shin Tae-yong diketahui telah memanggil 30 pemain muda Timnas Indonesia U-19 untuk menjalani kamp pelatihan di Spanyol sampai 31 Januari 2021 mendatang.

Bintang muda Ipswich Town, Elkan Baggott rupanya masuk di antara nama yang dipilih pelatih asal Korea Selaltan itu. Dirinya diharapkan bisa bergabung dengan rekan setimnya melalui penerbangan dari Inggris.

Akan tetapi, Elkan Baggott terancam batal untuk mengikuti latihan  di Spanyol lantaran terkendala aturan kedatangan dari dari luar negeri yang diberlakukan oleh Spanyol.

Diketahui, banyak negara, termasuk Spanyol membatasi perjalanan dari Inggris, setelah ditemukan adanya kasus virus corona baru di Inggris yang bisa menular lebih cepat antarmanusia.

Laporan dari BBC pada Kamis (24/12/20) menyebutkan bahwa terdapat lebih dari 40 negara telah melarang kedatangan orang dari Inggris, termasuk sebagian besar negara Eropa seperti Spanyol, Belgia, Jerman, Italia, Portugal, dan Swiss.

Kamp pelatihan timnas Indonesia U-19 sendiri dijalani sebagai bagian dari persiapan skuat menuju Kejuaraan AFC U-19 2020 di Uzbekistan yang dijadwalkan ulang pada Maret 2021 dari semula Oktober.

Turnamen ini kemungkinan hanya menjadi satu-satunya event yang bakal diikuti Timnas Garuda Muda, setelah FIFA pada Kamis (24/12/20) kemarin mengumumkan bahwa Piala Dunia U-20 ditunda.

Piala Dunia U-20 sedianya akan diselenggarakan pada Mei dan Juni 2021 mendatang, dengan Indonesia telah ditetapkan sebagi tuan rumahnya. Dengan penundaan itu, Indonesia masih bisa jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2023 sesuai dengan keputusan FIFA.

Sementara Elkan Bagott melakukan debut seniornya bersama Ipswich Town pada pertandingan Papa John’s Cup melawan Gillingham. Dia juga membantu tim ke markas Plymouth untuk ajang League One sebelum tersingkir pada matchday 18.

Pemain berusia 18 tahun ini juga membukukan penampilan pertamanya untuk Timnas U-19 saat menjalani kamp pelatihan di Kroasia pada Oktober lalu. Elkan sendiri lahir di Thailand dari ayah berkebangsaan Inggris dan ibu Indonesia.