Liga Indonesia

Aneh tapi Nyata, Gelandang Gaek Borneo FC Ini Pernah Tolak Timnas Indonesia

Senin, 4 Januari 2021 14:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Borneo FC
Gelandang gaek Borneo FC, Sultan Samma. Copyright: © Borneo FC
Gelandang gaek Borneo FC, Sultan Samma.

INDOSPORT.COM - Gelandang Borneo FC, Sultan Samma, mengungkap satu fakta menarik, bahkan tak terduga soal dirinya. Dia pernah menolak panggilan membela timnas Indonesia untuk gelaran SEA Games 2009 di Laos.

Sultan Samma sempat memilih untuk menolak bergabung dengan skuat Garuda karena adanya regulasi yang mengharuskan pemain tidak boleh kembali ke klub dan harus mengikuti pemusatan latihan selama enam bulan.

"Saya waktu itu tidak mau mengikuti panggilan timnas Indonesia menuju SEA Games 2009," tutur Sultan Samma dalam rilis klub, Senin (4/1/21).

"Karena waktu itu regulasi pemain yang dipanggil tidak bisa memperkuat klub selama setengah musim, sedangkan waktu itu kami ingin bermain di klub masing-masing," imbuhnya.

Sultan menjelaskan, peraturan di timnas Indonesia dahulu kala sangat berbeda dengan sekarang. Namun, akhirnya polemik itu berakhir dan ia bisa mengikuti pemusatan latihan di Palembang. 

"Dari pihak timnas kami harus TC di Palembang selama enam bulan tanpa boleh bermain di klub. Beda dengan sekarang bisa bolak-balik, kalau dulu nggak boleh. Harus di Palembang waktu selama enam bulan," cetus Sultan Samma.

"Akhirnya dari pihak klub kami membolehkan asal gaji jalan juga. Jadi pemain agak tenang waktu itu," pungkas pemain berusia 34 tahun itu.