Liga Spanyol

Hasil Final Piala Super Spanyol Barcelona vs Athletic Bilbao: Apes di Extra Time, Barca Gagal Juara

Senin, 18 Januari 2021 05:29 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© twitter.com/AthleticClub
Pertandingan Final Piala Super Spanyol antara Barcelona vs Athletic Bilbao Copyright: © twitter.com/AthleticClub
Pertandingan Final Piala Super Spanyol antara Barcelona vs Athletic Bilbao

INDOSPORT.COM – Berikut hasil pertandingan partai final Piala Super Spanyol antara Barcelona vs Athletic Bilbao pada Senin (18/01/21) dini hari WIB, di mana El Barca alami nasib apes pada masa extra time dan gagal raih gelar juara.

Bertanding di Estadio de La Cartuja, pertandingan final Piala Super Spanyol kali ini menghadirkan duel dari dua wilayah penghasil bakat sepak bola tim Matador. Barcelona sebagai wakil Catalan, sementara Athletic Bilbao adalah tim wilayah Basque.

Sebagai tim yang paling banyak meraih gelar Piala Super Spanyol, Barcelona langsung bermain menekan sejak awal babak pertama. Namun, Bilbao yang juga punya ambisi juara berhasil mengimbangi permainan cepat El Barca.

Mengandalkan duet Raul Garcia dan Inaki Williams sebagai ujung tombak, beberapa kali Athletic Bilbao berhasil menciptakan peluang berbahaya.

Pada menit ke-26’, Raul Garcia mendapatkan ruang tembak di kotak penalti. Sayang, sepakannya masih berhasil diamankan kiper Ter Stegen.

Barcelona mulai mendapat angin untuk menyerang. Lionel Messi yang lakukan akselerasi, coba lepaskan tembakan jarak jauh. Tetapi, usaha sang mega bintang tersebut masih melayang jauh dari gawang.

Meski saling jual-beli serangan, namun baik Barcelona maupun Athletic Bilbao terlihat kesulitan mencetak gol lantaran rapatnya pertahanan masing-masing kesebelasan.

Namun, babak pertama tetap menghadirkan gol. Tepatnya lima menit sebelum jeda turun minum. Dimulai dari aksi Griezmann yang menyambar bola rebound hasil sepakan keras Messi dan langsung berbuah gol.

Hanya berselang dua menit, Athletic Bilbao berhasil menyamakan kedudukan lewat tembakan De Marcos usai mendapat umpan manis dari Inaki Williams. Babak pertama pun berakhir dengan kedudukan sama kuat 1-1.

Selepas jeda, Barcelona yang tak ingin kehilangan kesempatan raih gelar juara perdana musim ini langsung ambil inisiatif penyerangan. Trio Ousmane Dembele, Lionel Messi, dan Antoine Griezmann berkali-kali mampu menciptakan peluang berbahaya.

Menit ke-47’, Messi lepaskan tendangan bebas dari jarak yang cukup terbuka. Sayang, bek Inigo Martinez masih berhasil memblok sepakan sang kapten Barcelona tersebut.

Selang beberapa menit, Athletic Bilbao malah sukses mencetak gol. Namun, wasit menganulir setelah sang pencetak gol Raul Garcia telah terjebak offside.

Terus menekan, Barcelona akhirnya bisa mencetak gol kedua yang kali ini kembali dicetak Griezmann pada menit ke-77’. Berawal dari umpan silang mendatar Alba, penyerang Prancis tersebut dengan mudah menceploskan bola ke gawang. Skor 2-1 untuk keunggulan Barcelona.

Saat laga akan berakhir untuk kemenangan Barca, secara mengejutkan Asier Villalibre yang baru masuk berhasil menjebol jala ter Stegen, yang sekaligus kembali menyamakan kedudukan 2-2. Pertandingan pun dilanjutkan ke babak extra time.

Di masa perpanjangan, nasib apes dialami Barcelona setelah Inaki Williams berhasil mencetak gol ketiga buat Bilbao saat pertandingan baru memasuki menit ke-93'. Skor pun berbalik 2-3, untuk keunggulan Athletic Bilbao.

Sepanjang babak tambahan, Barcelona mampu mendominasi permainan. Sedangkan Bilbao yang sudah unggul, terlihat bermain bertahan dan lebih banyak membuang bola langsung ke depan.

Hingga berakhir 2x15 menit, tak ada gol tambahan yang tercipta dari kedua tim. Skor 2-3 pun bertahan yang sekaligus memberikan kemenangan dan gelar juara Piala Super Spanyol untuk Athletic Bilbao.

Susunan Pemain
Barcelona XI:
Marc-Andre ter Stegen; Sergino Dest, Ronald Araujo, Clement Lenglet, Jordi Alba; Frenkie de Jong, Sergio Busquets, Pedri; Ousmane Dembele, Lionel Messi, Antoine Griezmann.

Athletic Bilbao XI:
Unai Simon; Ander Capa, Yeray Alvarez, Inigo Martinez, Mikel Balenziaga; Oscar De Marcos, Dani Garcia, Unai Vencedor, Iker Muniain; Raul Garcia, Inaki Williams.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%