Liga Indonesia

PSSI Bubarkan Liga 1 2020, Ramalan Cerdas Pelatih Persib Jadi Kenyataan

Kamis, 21 Januari 2021 17:55 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, seusai pertemuan di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Selasa (5/1/21). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, seusai pertemuan di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Selasa (5/1/21).

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menanggapi keputusan PSSI membubarkan Liga 1 2020 lantaran kondisi force majeure berupa pandemi virus corona. 

Sebagai informasi, keputusan tersebut diambil melalui rapat Exco PSSI yang diselenggarakan pada Rabu (20/1/21). Ada juga beberapa keputusan lainnya mengenai kompetisi, di antaranya tidak ada juara dan degradasi di Liga 1 2020. 

Kemudian, peserta kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2021 sama seperti musim 2020 dan kontrak pemain diatur oleh klub mengacu kepada aturan keadaan force majeure dalam berkas masing-masing klub.

Robert Rene Alberts mengaku sudah menyarankan agar Liga 1 2020 tidak dilanjutkan sejak Desember lalu. Alasannya apa lagi kalau bukan sudah cukup lama kompetisi terhenti, yakni sejak pertengahan Maret 2020.

Selain itu, Persib Bandung juga sudah membebaskan para pemainnya untuk berlatih sesuai dengan kebutuhan masing-masing sejak awal Januari 2021 lantaran belum kejelasan mengenai kelanjutan kompetisi Liga 1 2020.

"Yang pertama, izinkan saya untuk mengingatkan semua orang bahwa saya sudah katakan ini sejak Desember lalu, ketika kami mendapat kabar liga belum akan digelar Februari, jadi tidak ada latihan di Januari," jelas Robert Rene Alberts, Kamis (21/1/21).

Robert menilai, tidak dilanjutkannya Liga 1 2020 merupakan keputusan yang tepat. Pasalnya, tidak ideal kompetisi dilanjutkan setelah cukup lama ditangguhkan.

Sehingga, saat ini PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) bisa fokus mempersiapkan musim 2021 dengan matang agar Liga 1 berjalan maksimal kelak.

"Tidak ada alasan menggelar liga yang sudah terhenti setahun. Jadi keputusan untuk membubarkan Liga 1 2020 menurut opini saya adalah sangat tepat," jelas Robert Rene Alberts.

Sementara itu, Persib sudah melakoni tiga pertandingan sebelum Liga 1 2020 dihentikan, masing-masing menghadapi Persela Lamongan, Arema FC dan PSS Sleman. Mereka secara mengesankan mampu menyapu bersih poin penuh.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%