Liga Indonesia

Wejangan Yoo Jae-hoon untuk Asnawi yang Akan Merantau ke Korea Selatan

Sabtu, 23 Januari 2021 16:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© kaltimpost
Kiper legendaris Persipura Jayapura, Yoo Jae-hoon Copyright: © kaltimpost
Kiper legendaris Persipura Jayapura, Yoo Jae-hoon

INDOSPORT.COM - Salah satu staf pelatih timnas Indonesia, Yoo Jae-hoon, turut mendukung kepindahan Asnawi Mangkualam ke klub K2 (kasta kedua Liga Korea Selatan), Ansan Greeners FC. Pace Korea, sapaan akrabnya, tak lupa memberikan wejangan untuk bek sayap PSM Makassar tersebut.

Pace Korea mengatakan sudah berkomunikasi dengan Asnawi dan menjelaskan soal ketatnya kompetisi di Korea Selatan. Eks kiper Persipura Jayapura itu mengingatkan agar lebih disiplin dan kerja keras untuk bersaing di sana.

"Saya sudah wa (whatsapp) Asnawi kasih tahu kalau kerja keras itu semua pesepak bola di dunia pasti melakukannya, tapi kalau mau sukses di Liga Korea Selatan harus lebih disiplin. kalau tidak akan sulit di sana. Itu yang saya sampaikan kepadanya," tutur Yoo Jae-hoon, Sabtu (23/1/21).

Pace Korea menyampaikan, kompetisi dan gaya bermain di Korea Selatan lebih tinggi intensitasnya dibandingkan Indonesia. Karenanya, Asnawi Mangkualam dituntut untuk kuat secara fisik dan juga mental.

"Kalau Liga Korea Selatan tempo permainan amat cepat dan tekanan terus sepanjang 90 menit. Jadi harus jaga fisik dan tentu perlu mental yang kuat," pungkasnya.

Asnawi Mangkualam dilaporkan akan dikontrak selama semusim oleh Ansan Greeners dengan opsi perpanjangan. Manajemen menyatakan telah mencapai kesepakatan dengan pemain asal Makassar itu pada 19 Januari lalu. 

Kendati begitu, hingga kini belum ada pengumuman resmi perihal transfer Asnawi. Baru Ansan Greeners yang memberikan kode ucapan selamat datang di Instagram klub dan PSM Makassar selaku pemilik mengklaim belum ada kesepakatan.