Bola Internasional

Pembuktian Lionel Messi, Si Raja Tendangan Bebas

Senin, 1 Februari 2021 19:59 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Lionel Messi pantas mengukuhkan dirinya sebagai raja tendangan bebas lima liga top Eropa dalam lima tahun terakhir. Namun, apiknya catatan tersebut dinodai oleh bocoran nilai kontrak yang ia miliki bersama Barcelona.

Jagat sepak bola dihebohkan dengan bocornya dokumen yang berisi nilai kontrak Messi. Rilisan ini pertama kali dibuat oleh El Mundo yang menjadikan nilai kontraknya menjadi headline.

Disebutkan kontrak Messi mencapai 555 juta euro atau setengah dari utang yang dimiliki Barcelona saat ini. Kontrak itu sendiri berlaku selama empat musim atau sejak 2017 silam.

Banyak yang menyayangkan besarnya nilai kontrak ini. Bahkan ada pula yang menyebut Barcelona rela berhutang demi menjaga Messi tetap berada di Camp Nou.

Kecaman pun terus mengalir ke sosok Lionel Messi. Bahkan menjelang dan di saat laga Barcelona melawan Athletic Bilbao, semua pikiran lebih bertuju pada besarnya nilai kontraknya.

Messi yang biasa dijuluki La Pulga (Si Kutu) ini pun tetap memilih diam. Pun dengan rekan-rekannya di Barcelona maupun pelatihnya, Ronald Koeman.

Messi yang memang dikenal pendiam ini lebih memilih membuktikan kualitasnya. Dan pembuktian itu tercipta di laga melawan Athletic Bilbao.

Tendangan bebas yang ia lesakan seakan membuat pecinta sepak bola lupa akan besarnya nilai kontrak yang ia miliki. Tedangan bebasnya tersebut benar-benar cukup untuk membungkam pihak yang mengecamnya.

Messi secara mudah melepaskan tendangan bebas yang membuat kiper Unai Simon mati gaya. Pun dengan para bek Bilbao yang menggunakan beragam cara termasuk berdiri di depan gawang untuk menghalau tendangannya.

Gol tendangan bebas itu menjadi gol ke-650 nya bersama Barcelona. Torehan yang cukup untuk membuktikan bahwa ia pantas dihargai dengan kontrak 555 juta euro.

Gol ke-650 untuk Barcelona yang ia lesakkan tersebut pun menjadi gol tendangan bebasnya ke-49 atau ke-21 dalam lima tahun terakhir.

21 gol lewat tendangan bebas yang ia buat selama lima tahun tersebut menjadi yang terbanyak di lima liga top Eropa. Ia unggul jauh dari Aleksandar Kolarov (8 gol) atau bahkan James Ward-Prowse (8 gol).

Jumlah tendangan bebas itu mengindikasikan bahwa Messi adalah pemain komplit dengan skill segudang. Jumlah itu pun menjadi pernyataan bahwa ia pantas dihargai dengan kontrak fantastis.

Lionel Messi akan tetap terus menjadi perbincangan baik dalam hal positif maupun negatif. Terlepas dari pemberitaan negatifnya, lebih baik nikmati permainannya sebelum dirinya gantung sepatu. Karena sulit bagi banyak orang maupun Barcelona mencari pemain bertipikal sama dengannya.