In-depth

5 Pertandingan Derby d'Italia Paling Melegenda di Coppa Italia

Selasa, 2 Februari 2021 15:57 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis:Frmn/Indosport.com
Berikut kami pilihkan lima pertandingan Derby d'Italia paling melegenda di Coppa Italia antara Inter Milan melawan Juventus. Copyright: © Grafis:Frmn/Indosport.com
Berikut kami pilihkan lima pertandingan Derby d'Italia paling melegenda di Coppa Italia antara Inter Milan melawan Juventus.

INDOSPORT.COM - Dua tim papan atas Serie A Italia, Inter Milan dan Juventus akan bersua di leg pertama semifinal Coppa Italia yang dilangsungkan pada Rabu (03/02/21) dini hari WIB di Stadion Giuseppe Meazza. 

Duel seru akan tersaji di semifinal Coppa Italia musim ini antara Inter vs Juventus. Tim peringkat kedua Serie A, Inter Milan, sukses melenggang ke semifinal usai menang dramatis atas rekan sekota AC Milan di perempatfinal. 

Sementara Juventus berhasil lolos setelah menang mudah atas klub kasta kedua, SPAl, dengan skor telak 4-0. Pertemuan melawan Inter adalah lawan sesungguhnya yang dijumpai Juventus di kejuaraan ini. 

Kedua tim sendiri belum lama ini berjumpa di Liga Italia. Dalam pertemuan pertama musim ini, Inter Milan suskes menang 2-0 atas Juventus. 

Meski demikian, pelatih Juventus Andrea Pirlo mengatakan bahwa ini bukanlah ajang balas dendam. Pirlo menegaskan bahwa tim berjuluk Si Nyonya Tua itu sudah move on dari kekalahan dan siap menatap laga selanjutnya.

Pertemuan antara Inter vs Juventus selalu ramai dan ketat. Duel keduanya juga dijuluki Derby d'Italia karena baik Juve maupun Inter memiliki sejarah besar di Liga Italia dengan pencapaiannya masing-masing. 

Pertemuan di Coppa Italia sendiri bukan pertama kalinya terjadi di musim ini. Kedua tim terbilang cukup sering bersua di ajang piala domestik ini. Berikut kami pilihkan lima pertandingan Derby d'Italia paling melegenda di Coppa Italia. 

5.  Inter Milan 2-1 Juventus (Coppa Italia 2009/10)

Di urutan kelima ada pertemuan Derby d'Italia di Coppa Italia edisi 2009-2010. Kedua tim bertemu di babak perempatfinal. 

Pada masa itu, Juventus tampil minder di depan Inter Milan yang tengah dalam puncak kejayaan usai meraih empat scudetto beruntun. Meski begitu, Bianconeri sempat mencuri keunggulan lewat playmaker Brasil, Diego Ribas da Cunha. 

Namun, Inter asuhan Jose MOurinho langsung merespons lewat gol Lucio. Akhirnya, dalam laga spesial itu, Inter Milan sukses keluar sebagai pemenang berkat gol dari si bengal, Mario Balotelli. 

Pada musim itu sendiri Inter sukses merengkuh Coppa Italia setelah menekuk AS Roma di final. Tak cuma Coppa, Inter di bawah Mourinho juga meraih treble winner. 

4. Juventus 2-3 Inter Milan (Coppa Italia 2007/08)

Duel Inter vs Juventus kembali tersaji di Coppa Italia musim 2007/08. Saat itu kompetisi masih menggunakan sistem dua leg sejak perempatfinal. 

Di leg pertama di markas Inter, Juventus mendapat keuntungan usai meraih hasil imbang 2-2. Si Nyonya tua cukup mendapatkan hasil imbang 0-0 atau 1-1 untuk bisa lolos. 

Namun perjuangan mereka ternyata lebih berat dari itu. Juventus sebetulnya unggul dengan skor 2-1 lewat gol Del Piero dan Vicenzo Iaquinta. 

Namun, Inter yang masih dilatih Roberto Mancini malah berbalik unggul dari tim tuan rumah. Diawali oleh gol Mario Balotelli, Inter kembali berpesta berkat gol penalti dari Julio Cruzz. Juventus pun harus mengakui keunggulan Inter yang tengah dalam masa keemasan. 

3. Juventus 3-0 Inter Milan (Coppa Italia (2015/16)

Setelah terus bertemu di perempatfinal, Juve dan Inter akhirnya dipertemukan di babak semifinal Coppa Italia 2015/16. Ini adalah pertemuan pertama kedua tim di Coppa sejak tahun 2010.

Inter yang dilatih Roberto Mancini periode kedua bakal menantang Juventus yang tengah jaya di bawah Massimiliano Allegri. Pada laga leg pertama di Allianz Stadium ini, Juventus yang menjadi juara bertahan di kompetisi ini menang besar dengan skor 3-0. Gol-gol Juventus malam itu di antaranya dicetak oleh Alvaro Morata dan Paulo Dybala.   

2. Inter Milan 3-0 Juventus (Coppa Italia 2015/16)

Laga antara Inter Milan vs Juventus di semifinal Coppa Italia 2015/16 layak dimasukkan ke daftar ke tiga lima laga paling seru keduanya di Coppa. 

Laga ini merupakan lanjutan dari pertemuan leg pertama mereka di Allianz Stadium di mana Inter dibantai dengan skor 3-0. Banyak orang mengira Inter akan tersingkir mudah dari kejuaraan ini. 

Namun, faktanya Juventus harus kerja ekstra keras lantaran Nerazzurri sanggup menyamakan agregat berkat kemenangan fantastis 3-0 di waktu normal. Sayang, skuad asuhan Luciano Spalletti gagal memanfaatkan momen. Mereka dipaksa untuk dibawa ke babak adu penalti dan menyerah dengan skor 5-3.

1. Inter 2-2 Juventus (Coppa Italia 2007/08)

Kembali ke tahun 2008, duel kedua tim di tahun ini terbilang cukup epik di Coppa Italia. Inter Milan harus bermain dengan 10 orang setelah Nicolas Burdisso dikartu merah sejak awal laga. 

Namun ajaibnya, Inter Milan justru mampu unggul dengan skor 2-0 terlebih dahulu. Juventus makin tertekan oleh rasa malu setelah jelang memasuki menit 80, skor masih juga bertahan 2-0. 

Akhirnya, memanfaatkan kelengahan Inter MIlan, Juventus yang dominan dalam serangan mampu memperkecil kedudukan melalui Alessandro Del Piero. Beruntung bagi Juve, semangat juang mereka dan keunggulan pemain yang dimiliki memudahkan untuk mencetak gol kedua di pengujung laga Coppa italia melalui pemain pengganti Jean Alain-Boumsong.