Liga Indonesia

Manajemen Persib Setuju Liga 1 2021 Digelar Tanpa Penonton

Jumat, 5 Februari 2021 23:20 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Subhan Wirawan
© Arif Rahman/INDOSPORT
Direktur PT PBB, Teddy Tjahyono di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (23/12/2019). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Direktur PT PBB, Teddy Tjahyono di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (23/12/2019).

INDOSPORT.COM - Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahyono, setuju saat kompetisi Liga 1 2021 bergulir seluruh pertandingan digelar tanpa penonton.

Karena menurut Teddy Tjahyono saat ini, ditengah pandemi corona atau covid-19 belum memungkinkan pertandingan sepak bola dihadiri suporter. Hal tersebut, juga diterapkan di kompetisi berbagai negara.

Sebagai informasi, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sudah memberikan lampu hijau mengenai digelarnya kompetisi sepakbola di Indonesia (Liga 1) musim 2021.

Namun, perhelatan kompetisi Liga 1 untuk musim 2021, nantinya harus sesuai dengan protokol kesehatan serta seluruh pertandingan digelar tanpa ada penonton.

"Untuk masa pandemi seperti ini, lebih baik tanpa penonton dulu," kata Teddy.

Teddy menambahkan, idealnya kompetisi Liga 1 2021 digelar pada Agustus 2021. Lantaran, butuh waktu bagi klub mempersiapkan diri setelah hampir satu tahun tidak melakoni pertandingan resmi, setelah Liga 1 2020 dihentikan sejak pertengahan Maret tahun lalu.

"Agustus (idealnya), karena pemain sudah 11 bulan tidak berlatih dan bermain, maka diperlukan paling tidak 10 sampai 12 Minggu untuk persiapan, supaya pemain siap mempunyai match fitness yang ideal untuk main di Liga," ucapnya. 

Sementara itu, manajemen dan pelatih Persib berharap, sebelum kompetisi Liga 1 2021 digelar PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) bisa menggelar turnamen pra-musim sebagai ajang pemanasan bagi klub peserta.

Keinginan Persib dan beberapa klub, mendapatkan respon positif dari PSSI, Ketua umum PSSI Mochamad Iriawan memastikan pihaknya akan menggelar turnamen pramusim sebelum kick-off Liga 1 2021.

Kegiatan itu, dinilai cukup penting sebagai pemanasan dan persiapan klub peserta Liga 1 setelah hampir setahun tak bertanding.

Kepastian itu diputuskan setelah PSSI melakukan pertemuan dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi pada Kamis (04/02/2021) petang. Namun, belum diketahui kapan kejuaraan tersebut digelar.