Liga Indonesia

PSSI Pastikan Gelar Turnamen Pramusim Sebelum Kick-off Liga 1 2021

Jumat, 5 Februari 2021 12:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Pipit Puspita Rini
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Ketua PSSI, Mochamad Iriawan dan Indra Sjafri. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Ketua PSSI, Mochamad Iriawan dan Indra Sjafri.

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI Mochamad Iriawan memastikan pihaknya akan menggelar turnamen pramusim sebelum kick-off Liga 1 2021. Kegiatan itu dinilai cukup penting sebagai pemanasan dan persiapan klub peserta Liga 1 setelah hampir setahun tak bertanding.

Kepastian itu diputuskan setelah PSSI melakukan pertemuan dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi pada Kamis (4/2/2021) petang. Namun, belum diketahui kapan kejuaraan tersebut digelar.

Saat ini, PSSI tengah fokus untuk melobi pihak kepolisian agar mengeluarkan izin pertandingan.

"Sebelum itu (liga), ada pertandingan pra musim sehingga nanti ada persiapan bagi klub jelang kompetisi," kata Iwan Bule, sapaan Iriawan.

Sebelum menggelar turnamen pramusim, PSSI juga akan melakukan simulasi pertandingan pada awal pekan depan. Simulasi itu mencakup bagaimana protokol kesehatan yang dijalankan sebelum, saat, dan sesudah pertandingan.

PSSI berharap kepolisian bisa melakukan peninjauan berdasarkan simulasi pertandingan yang dilakukan, sebagai bahan pertimbangan untuk memberikan izin.

Ssebagian besar klub peserta Liga 1 setuju dengan rencana turnamen pramusim. Pihak klub menilai hal tersebut cukup bagus untuk persiapan sebelum kompetisi bergulir.