Liga Indonesia

Ingin Liga 1 Kembali Bergulir, Begini Pesan Ketum PSSI kepada Suporter

Rabu, 10 Februari 2021 18:45 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketua umum PSSI, Mochammad Iriawan melanjutkan inspeksi calon stadion Piala Dunia U-20 2021. Kali ini giliran Stadion Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketua umum PSSI, Mochammad Iriawan melanjutkan inspeksi calon stadion Piala Dunia U-20 2021. Kali ini giliran Stadion Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, baru saja memaparkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2021 di hadapan Menpora, Zainudin Amali, petinggi Polri, Satgas Covid-19, serta perwakilan KONI, Rabu (10/2/21).

Pemaparan protokol kesehatan ini sebagai langkah PSSI guna mengantongi izin kompetisi. Mereka juga menyertakan video simulasi yang baru dibuat oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Pemaparan ini tak lepas dari kelanjutan pertemuan Menpora Zainudin Amali dengan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo beberapa waktu lalu.

"Kami memaparkan, pertama protokol kesehatan secara lengkap. Lalu masukan dari BNPB dan satgas covid, cuci tangan dan masker. Kami sampaikan dengan video yang kami buat," ucap Mochamad Iriawan.

"Kami juga paparkan jadwal turnamen dan kompetisi apabila diizinkan kepolisian. Tugas kami hanya menyampaikan prokes," jelas Iwan Bule, sapaan akrabnya.

Dari semua pemaparan yang dilakukan, Iriawan mengaku masih ada catatan dari pihak kepolisian, apa lagi kalau bukan suporter. Penonton sepak bola Indonesia memang terkesan masih jauh dari definisi tertib.

"Catatan, suporter yang jadi perhatian luar biasa. Kami bilang ke suporter dengan hormat, apabila diizinkan tanpa penonton. Suporter tidak boleh kerumunan atau nobar," kata Iwan Bule. 

"Bisa dievaluasi lagi izinnya. Cukup nonton di televisi. Kami serahkan ke kepolisian. Hari ini belum ada keputusan turunnya izin. Kami tunggu pengumuman dari kepolisian," tukasnya 

Sekadar mengingatkan, PSSI dan PT LIB selaku operator berencana untuk menggulirkan kembali kompetisi musim 2021. Jadwalnya adalah usai Hari Raya Idul Fitri atau Mei mendatang.