Liga Indonesia

Ngebet Jadi Tuan Rumah Pramusim 2021, Begini Upaya Maksimal Sriwijaya FC

Rabu, 10 Februari 2021 14:25 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Indra Citra Sena
© Muhammad Effendi/INDOSPORT
Kursi tribune barat stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang dicat warna merah dan putih. Copyright: © Muhammad Effendi/INDOSPORT
Kursi tribune barat stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang dicat warna merah dan putih.

INDOSPORT.COM - Sriwijaya FC menunjukkan keseriusan untuk menjadi tuan rumah turnamen pramusim Liga 1 2021. Mereka berencana menyambangi PSSI pekan depan setelah sebelumnya melayangkan surat permohonan.

Kedatangan manajemen membuktikan bahwa Sriwijaya FC serius menggelar turnamen pramusim 2021 sekaligus test event Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang pasca-renovasi menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

“Kami akan mengadopsi sistem Piala Gubernur Kalimantan Timur dan Jawa Timur,” ucap Wakil Direktur PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM), Hendri Zainuddin, Rabu (10/2/21).

Di turnamen Piala Gubernur Kaltim 2018, satu peserta berstatus tim lokal. Hal itu akan kembali mengairahkan sepak bola di tengah pandemi virus corona.

Manajemen Sriwijaya FC memastikan jika pertandingan akan menerapkan protokol kesehatan seperti yang menjadi standar PSSI dan pemerintah.

“Yang paling penting, turnamen ini untuk test event mengukur kemampuan dari Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang,” jelasnya.

Sebelum FIFA menilai langsung Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring  sebagai venue Piala Dunia U-20, penting bagi PSSI untuk melihat langsung secara konkrit kemampuan dari stadion.

“Misalnya kemampuan lampu, rumput, saluran air dan yang lainnya. Kami menaruh harapan yang besar jika keinginan Sriwijaya FC untuk menjadi tuan rumah turnamen pramusim bisa direstui," tandas Hendri Zainuddin.

Seperti diketahui, PSSI berencana mengguliran turnamen pramusim sebelum Liga 1 2021 bergulir sebagai simulasi untuk mendapatkan izin keramaian dari Polri.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) bersama bahkan sebelumnya telah merancang agar turnamen pramusim bergulir pada Maret 2021, meski rencana itu bisa berubah. Ajang tersebut diagendakan berlangsung selama 40 hari.

Kans Sriwijaya FC tetap terbuka karena PT LIB telah dipersiapkan agar pertandingan bisa digelar di empat kota, walaupun hingga kini masih dalam rancangan.