Liga Indonesia

PSSI dan Shin Tae-yong Sebut Fisik Pemain Timnas Indonesia Anjlok Parah

Rabu, 10 Februari 2021 20:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Herry/Indosport
Pemusatan Latihan Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2021 Vietnam hari kedua di Lapangan G Senayan, Jakarta, Rabu (10/2/21) sore. Copyright: © Herry/Indosport
Pemusatan Latihan Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2021 Vietnam hari kedua di Lapangan G Senayan, Jakarta, Rabu (10/2/21) sore.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyampaikan bahwa kondisi fisik para pemain yang dipanggil ke pemusatan latihan bulan ini kurang memuaskan. Hal itu berdasarkan informasi dari pelatih Shin Tae-yong.

Iwan Bule, sapaan Iriawan, menilai tidak adanya kompetisi membuat fisik pemain anjlok dan berada di bawah standar. Sehingga, PSSI diminta untuk segera menggelar kompetisi agar mereka bisa bermain sekaligus menjaga kondisi fisiknya.

"Tim pelatih sampaikan fisik mereka cukup anjlok, bisa dikatakan nol. Saya tanya kenapa? Karena tidak ada kompetisi, latihan saja sehingga menyulitkan kata Shin Tae-yong, jadi tadi dia bilang tolong gulirkan kompetisinya," ujar Mochamad Iriawan, Rabu (10/2/21).

Iwan Bule menjelaskan, pekan pertama pemisatan latihan akan difokuskan untuk mengembalikan kondisi para pemain. Selanjutnya, Shin Tae-yong akan menempa mereka yang dipanggil dengan metode andalannya.

"Mental, disiplin, fisik menjadi fokus Shin Tae-yong. Semua itu akan ditingkatkan. Lalu taktik dan strategi juga akan menyusul," tuturnya.

Sementara itu, pelatih Shin Tae-yong membenarkan apa yang disampaikan Iwan Bule. Pelatih asal Korea Selatan itu menilai kondisi anak asuhnya hanya berada dikisaran 30 persen dari yang seharusnya.

"Jadi memang itu saya sampaikan, jujur Liga 1 tak bergulir setahun itu sulit. Walau mereka latihan pribadi, tapi tidak bisa dikatakan fit 100 persen juga. Anggap saja sekarang di kisaran 30 persen jadi masih perlu ditingkatkan lagi biar tambah kuat," pungkasnya.