Bola Internasional

Starting XI Terbaik 16 Besar Euro 2020: Inggris dan Manchester City Dominan

Rabu, 30 Juni 2021 12:37 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Berikut ini starting XI terbaik di 16 besar Euro 2020, di mana timnas Inggris dan Manchester City dominan dengan masing-masing mengirim 3 nama. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Berikut ini starting XI terbaik di 16 besar Euro 2020, di mana timnas Inggris dan Manchester City dominan dengan masing-masing mengirim 3 nama.

INDOSPORT.COM – Berikut ini starting XI terbaik di 16 besar Euro 2020, di mana timnas Inggris dan Manchester City dominan dengan masing-masing mengirim 3 nama.

Euro 2020 alias Piala Eropa 2020 baru saja mengakhiri babak 16 besar, yang ditutup laga Swedia vs Ukraina, yang dimenangi oleh Ukraina dengan skor tipis 2-1.

Sejumlah kejutan terjadi di babak ini, di antaranya Prancis yang disingkirkan Swiss lewat adu penalti. Selain itu, ada pula Belanda yang sempurna di fase grup tapi bertekuk lutut 0-2 dari Republik Ceko. Nasib sial juga dialami juara bertahan Portugal yang angkat koper usai kalah tipis 0-1 dari Belgia.

Sementara itu, hasil gemilang ditorehkan Inggris yang menyingkirkan Jerman  2-0. Ada pula Denmark yang membantai Wales 4-0 dan Spanyol yang memenangi laga seru vs Republik Ceko yang berakhir 5-3.

Babak 16 besar Euro 2020 diwarnai melempemnya pemain bintang seperti Cristiano Ronaldo yang gagal menjebol gawang Belgia, atau Kylian Mbappe yang gagal melakukan eksekusi penalti di babak tos-tosan.

Di sisi lain, sejumlah pemain yang sempat diragukan seperti Harry Maguire dan Jordan Pickford di Inggris justru tampil gemilang.

Inggris jadi negara dengan pemain terbanyak di tim ini (3), sedang Manchester City menjadi klub terbanyak yang menyumbangkan pemain (3). Menariknya, ada 1 nama yang berasal dari kedua tim itu.

Untuk merangkum gelaran babak 16 besar Euro 2020, berikut ini INDOSPORT mempersembahkan Starting XI Terbaik dari fase tersebut.

Formasi:

4-4-2

Kiper

Posisi kiper di tim ini ditempati andalan Inggris, Jordan Pickford. Menghadapi Jerman, Pickford yang belum kebobolan sekalipun di 3 laga fase grup kembali menunjukkan ketangguhan dengan meraih cleansheet.

Ia bahkan sempat melakukan penyelamatan gemilang untuk menepis tendangan keras Kai Havertz di menit ke-43. Jordan Pickford kini jadi satu-satunya kiper di Euro 2020 yang punya 4 cleansheet.

Bek

Di lini belakang, posisi full back kanan akan ditempati Joakim Maehle (Denmark). Bintang Atalanta ini tampil apik membantu serangan Denmark dan mencetak  1 gol saat mengalahkan Wales 4-0.

Sementara itu, full back kiri akan menjadi milik bintang Ukraina, Oleksandr Zinchencko. Bek klub Manchester City ini tampil menawan dengan 1 gol dan 1 assist saat mengalahkan Swedia, dan terpilih jadi pemain terbaik di laga itu.

Sementara itu, duet bek tengah akan ditempati Harry Maguire (Inggris) dan Tomas Kalas (Rep Ceko). Keduanya sukses membawa tim masing-masing meraih cleansheet di 16 besar Euro menghadapi Jerman dan Belanda.

Tomas Kalas bahkan melengkapi penampilannya dengan mencetak assist untuk gol pertama Ceko.