In-depth

5 Negara dengan Skuat Termahal di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia Urutan Berapa?

Senin, 29 November 2021 17:07 WIB
Editor: Juni Adi
© PSSI
Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Myanmar. Copyright: © PSSI
Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Myanmar.

INDOSPORT.COM - Berikut lima negara dengan skuat termahal di Piala AFF 2020. Timnas Indonesia dikalahkan Malaysia.

Turnamen sepak bola paling bergengsi antar negara di Asia Tenggara, Piala AFF 2020 kurang dari beberapa hari lagi akan segera dimulai tepatnya pada 05 Desember hingga 01 Januari 2022 mendatang.

Singapura ditunjuk menjadi tuan rumah tunggal, untuk menggelar seluruh pertandingan babak penyisihan grup yang dibagi menjadi dua A dan B masing-masing diisi oleh lima negara. 

Adapun di Grup A dihuni oleh tuan rumah Singapura, Myanmar, Filipina, Thailand dan kuda hitam Timor Leste. Sementara di Grup B diisi oleh Timnas Indonesia, Kamboja, Malaysia, Vietnam dan Laos.

Sejatinya Piala AFF 2020 ini digelar tahun lalu, namun karena pandemi Covid-19 yang belum mereda pada saat itu membaut federasi sepak bola Asean, AFF, menundanya ke tahun ini. 

Untuk formatnya sendiri Piala AFF 2020 masih sama seperti edisi-edisi sebelumnya, meski digelar di tengah situasi pandemi Covid-19 yang tengah marak lagi kasusnya di Singapura.

Fase grup Piala AFF 2020 tetap menggunakan format setengah kompetisi atau round-robin, yakni setiap negara peserta saling bertemu satu kali.

Adapun semifinal dan final juga tetap menggunakan format lama, yakni dua pertandingan. Total terdapat 10 negara peserta Piala AFF 2020, yang terbagi menjadi dua grup dengan masing-masing diisi oleh lima negara. 

Piala AFF 2020 sendiri meski statusnya setara pertandingan laga uji coba di agenda FIFA, namun bagi negara-negara di kawasan ASEAN ajang dua tahunan ini begitu bergengsi.

Sebab Piala AFF 2020 bisa menjadi ajang pembuktian diri suatu negara terhadap perkembangan sepak bolanya, khususnya Tim Nasional mereka.

Maka dari itu tidak seluruh peserta sangat serius dalam melakukan persiapan untuk terjun di Piala AFF 2020 ini. Pemanggilan pemain dengan kualitas terbaik juga dilakukan oleh para pelatih, guna meraih hasil maksimal.

Pemain berkualitas yang dipanggil memperkuat timnas di Piala AFF 2020 tentu memiliki nilai transfer yang tinggi sebanding dengan kemampuannya. 

Lantas negara mana di Piala AFF 2020 yang membawa banyak pemain berkualitas sehingga berimbas terhadap nilai skuat mereka. Berikut INDOSPORT mengulasnya dilansir dari Transfer Markt.