Liga Indonesia

Seri 3 Liga 1, BCS dan Jakmania Tetap Solid dalam Kondisi Sulit

Selasa, 30 November 2021 12:22 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Belum diizinkan adanya penonton di stadion pada ajang BRI Liga 1 2021/2022 membuat para suporter harus puas mendukung tim kesayangannya dari rumah. Tentunya mereka terpukul oleh keputusan ini.  

Pasalnya kegiatan utama suporter adalah datang ke stadion dan mendukung tim kebanggaannya. Dengan masih adanya Covid-19, para suporter harus beradaptasi dengan mendukung timnya dengan bentuk lain di luar stadion. 

“Menjadi pemirsa dan menonton langsung itu berbeda. Suporter pasti rindu sepak bola yang bisa ditonton dan didukung langsung di dalam stadion," ujar Geni, anggota Brigata Curva Sud (BCS), salah satu komunitas pendukung PSS Sleman dalam rilis yang diterima INDOSPORT.com.

"Meski sangat disayangkan, tetapi kita bisa sama-sama melihat antusiasme suporter bola dari gejolak yang muncul di media sosial,” sambungnya.  

Walau aktivitas di dalam stadion terhenti, hal ini tidak serta merta menurunkan semangat para Sleman Fans untuk mendukung dan memperjuangkan klub kesayangannya. Cara-cara kreatif terus bermunculan untuk menyuarakan aspirasi dari pendukung. 

“Barangkali setiap suporter punya caranya masing-masing, ya. Namun, kalau Sleman Fans secara spesifik, bisa dibilang kami menolak untuk hanya menikmati sepak bola; kami memilih untuk memperjuangkannya."

"Bentuknya beragam, mulai dari banyaknya poster seruan tuntutan yang tertempel di sudut-sudut kota, gerakan #PSSkansekitarmu dengan memasang atribut bendera di ujung jalan, karya seni musik, monolog puisi, pentas wayang, tulisan-tulisan opini hingga gerakan senyapkan [tidak comment dan likes]  medsos klub,” tambah Geni.