Bola Internasional

Disanksi 12 Bulan, Pelatih Liga Thailand Beri Dukungan Buat Todd Ferre

Rabu, 12 Januari 2022 20:45 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Gelandang serang Persipura Jayapura, Todd Rivaldo Ferre, merayakan gol ketiga ke gawang PSIS Semarang Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Gelandang serang Persipura Jayapura, Todd Rivaldo Ferre, merayakan gol ketiga ke gawang PSIS Semarang

INDOSPORT.COM – Mendapat sanksi larangan bermain dari Komdis PSSI selama 12 bulan, salah satu pelatih Liga Thailand beri dukungan buat bintang Timnas Indonesia Todd Ferre.

Seperti diketahui sebelumnya, pemain Persipura Jayapura, Todd Rivaldo Ferre beberapa waktu lalu memang mendapat sanksi larangan bermain selama satu tahun dan denda Rp50 juta dari Komdis PSSI.

Hal ini dikarenakan, ulah sang gelandang 22 tahun itu yang dilaporkan melakukan protes keras dan memukul perangkat pertandingan saat laga Persipura kontra Bali United di Liga 1 pada 5 November lalu.

Akan tetapi, menurut hasil investigasi Save Our Soccer (SOS), Todd Ferre ternyata tidak terbukti melakukan aksi pemukulan seperti yang disebutkan oleh Komdis PSSI.

Berdasarkan keterangan yang diberikan Todd Rivaldo Ferre pada Save Our Soccer, saat itu ia hanya memegang jam wasit untuk menjelaskan bahwa laga sudah berakhir.

Namun, wasit tidak mengindahkannya dan melanjutkan pertandingan. Sehingga, Todd Ferre terlibat cekcok mulut dengan wasit di lorong Stadion Sultan Agung, Bantul.

Mendapat hukuman larangan bermain yang cukup berat, Todd Ferre mendapat dukungan moril dari salah satu pelatih Liga Thailand, Wanderley Machado da Silva.

Wanderley menyebut, jika Todd Ferre adalah salah satu pesepakbola dengan potensi yang sangat besar di Indonesia.

Namun, perjalanan sang pemain menuju puncak karier bakal dapat banyak gangguan dan rintangan. Untuk melewatinya, pelatih Lamphun Warrior FC itu berpesan agar Todd Ferre banyak berdoa agar diberi kekuatan.

“Todd Ferre adalah anak emas dengan potensi besar sekali, dan biasanya banyak situasi datang untuk ganggu perjalanan dia,” ucap Wanderley kepada INDOSPORT.

“Tapi dia harus lebih kuat dan fokus untuk melewati momen itu. Dia harus minta pertolongan ke Tuhan untuk diberi kesabaran, kekuatan untuk berhasil lewat semuanya,” tambah pelatih di Liga 2 Thailand itu.

Lebih lanjut, Wanderley berharap masyarakat Indonesia tetap berikan dukungan kepada Todd Ferre lantaran potensi permainan Todd Ferre sangat jarang muncul di Tanah Air.

“Todd adalah anak dan pemain berkualitas yang muncul dalam 4 tahun terakhir di sepakbola Indonesia, masyarakat harus beri dukungan dan motivasi untuknya. Karena dia sudah belah nama negara Indonesia diluar negeri dengan prestasi bagus sekali,” tutup eks pelatih Perseru Serui itu.