Bola Internasional

Kabar Buruk! Gelandang Andalan Shin Tae-yong Bakal Absen di Kualifikasi Piala Asia 2023

Kamis, 17 Maret 2022 00:31 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas U-19 di Stadion Madya Senayan, Rabu (02/03/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas U-19 di Stadion Madya Senayan, Rabu (02/03/22).

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, akan kehilangan satu stok gelandang pada kualifikasi Piala Asia 2023. I Kadek Agung Widnyana Putra dipastikan menepi hingga September mendatang.

Kadek Agung menjadi langganan Timnas Indonesia era Shin Tae-yong. Gelandang serang Bali United tersebut tampil dalam playoff kualifikasi Piala Asia 2023 di Thailand, bulan Juni 2021.

Performa apik itu kemudian mengantarkan Kadek Agung masuk skuat kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Oktober 2021 lalu. Dia mendapat menit bermain lebih banyak lagi.

Kadek Agung turun dalam tiga pertandingan menghadapi Vietnam, Uni Emirat Arab dan Thailand. Satu gol dicetak Kadek Agung ke gawang Thailand.

Kadek Agung kemudian turut disertakan dalam Piala AFF 2020. Kadek Agung tampil sebagai pemain pengganti dalam laga melawan Singapura dan Thailand.

Konsistensi gelandang asal Tabanan membuat kansnya masuk tim proyeksi kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni mendatang cukup besar. Sayangnya, Kadek Agung dipastikan absen.

Kadek Agung mengalami cedera lutut kaki kanan saat membela Bali United dalam lanjutan Liga 1 2021/2022, melawan Tira Persikabo, 3 Februari lalu.

Gelandang 23 tahun ini kemudian naik ke meja operasi pada 10 Maret 2022 lalu. Jebolan SSB Putra Tresna ini menjalani operasi di Siloam Hospital, Kuta, Badung.

Dokter tim Bali United, dr. Ganda Putra, menjelaskan keputusan membawa Kadek Agung ke meja operasi. Menurutnya, hal ini baik meski akan membuatnya absen beberapa bulan di sepak bola profesional.

"Kita tahu Kadek masih muda dan masih akan bermain bola dalam waktu yang panjang. Kita ambil opsi operasi agar kondisi cederanya bisa sembuh dengan sempurna," ucap dr. Ganda Putra, Rabu (16/3/22).