Bola Internasional

Jelang Timnas Indonesia U-23 vs Myanmar, Pengamat: Awas, Mereka Seperti Robot!

Minggu, 15 Mei 2022 12:23 WIB
Penulis: Martini | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© PSSI
Timnas Indonesia U-23 vs Filipina Copyright: © PSSI
Timnas Indonesia U-23 vs Filipina

INDOSPORT.COM - Jelang laga terakhir penyisihan grup A SEA Games 2021 cabor sepak bola, antara Timnas Indonesia U-23 vs Myanmar, begini kata Bung Binder Singh.

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Myanmar pada Minggu (15/05/22) sore WIB. Hanya perlu hasil imbang bagi Merah Putih bila ingin lolos ke fase semifinal SEA Games 2021.

Namun, imbang bukan piliha karena Shin Tae-yong mengusung target 3 poin Timnas Indonesia atas Myanmar, setelah berhasil menang di dua laga sebelumnya.

Witan Sulaeman berhasil menang 4-1 atas Timor Leste, kemudian unggul telak 4-0 saat berjumpa Filipina. Produktivitas gol Indonesia pun lebih unggul dari Vietnam.

Namun, untuk bisa mengalahkan Myanmar, diprediksi bukan hal yang mudah. Pengamat sepak bola, Binder Singh mengakui bahwa Myanmar memiliki keunggulan tersendiri.

"Timnas Myanmar ini saya perhatikan para pemainnya seperti robot, nggak ada capek capeknya. Dari segi fisik, terlihat mereka kuat, stamina mereka prima," jelasnya.

"Tapi dari segi recovery, saat mereka sudah keluar menyerang, mereka terlambat untuk turun ke posisi semula. Itulah hal yang bisa dimanfaatkan oleh para pemain Indonesia."

Walaupun Timnas Indonesia hanya butuh hasil imbang lawan Myanmar untuk lolos ke semifinal SEA Games, tapi bagi Bung Binder, pantang untuk bermain bertahan hari ini.

Pasalnya, jika Fachruddin Aryando dkk terus-terusan main bertahan, sementara stamina para pemain Myanmar sangat baik, maka lama-kelamaan akan muncul celah.

"Dari segi hitung-hitungannya, Timnas Indonesia hanya membutuhkan satu poin. Tapi saya yakin Shin Tae-yong tidak akan menerapkan strategi bertahan," tuturnya.