Bola Internasional

Australia Lolos, Liga Jepang Bantu Asia Punya 6 Wakil di Piala Dunia 2022 Qatar

Kamis, 30 Juni 2022 21:03 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© Dok. J-League
Pemain klub Liga Jepang Cerezo Osaka asal Australia, Adam Taggart. Copyright: © Dok. J-League
Pemain klub Liga Jepang Cerezo Osaka asal Australia, Adam Taggart.

INDOSPORT.COM - Ada peran J.League dalam lolosnya timnas Australia sebagai wakil keenam dari Benua Asia di gelaran Piala Dunia 2022.

Sejarah tercipta dalam laga play-off interkontinental kualifikasi Piala Dunia 2022 yang dihelat di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Qatar, pada 13 Juni 2022 lalu.

Timnas Australia berhasil menang dalam adu penalti dengan skor 5-4 melawan wakil Amerika Selatan, Peru, setelah laga imbang 0-0 selama 120 menit.

Ini memang bukan kali pertama Australia lolos ke Piala Dunia, tetapi lolosnya Socceroos membuat sejarah tersendiri bagi persepakbolaan Asia.

Piala Dunia 2022 akan jadi kali pertama Asia mengirimkan enam wakil dalam perhelatan empat tahunan tersebut, dengan Australia jadi wakil keenam.

Mereka menyusul lima negara lain yang sudah terlebih dahulu lolos yaitu Qatar (tuan rumah), Iran, Korea Selatan, Jepang, dan Arab Saudi.

Ada peran khusus J.League dalam upaya Australia menjadi satu dari enam wakil Asia tersebut.

Ada dua pemain Liga Jepang yang dibawa pelatih Graham Arnold dalam skuadnya yang berlaga melawan Peru: Adam Taggart (Cerezo Osaka) dan Mitchell Duke (Fagiano Okayama).

Mitchell Duke jadi starter sebagai striker tunggal di depan bagi Australia, bermain 69 menit sebelum ditarik keluar digantikan Awer Mabil, dengan Duke terus menjadi ancaman bagi Peru selama ia berada di atas lapangan.

Sedangkan Taggart memang tak bermain pada laga ini, tetapi ia berkontribusi tiga gol dalam delapan laga kualifikasi yang dijalani Australia.