Bola Internasional

Ketua Wasit FIFA Desak Ofisial Piala Dunia Qatar 2022 Kurangi Penggunaan VAR, Kenapa?

Selasa, 16 Agustus 2022 15:35 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Indra Citra Sena
© GettyImages
Pierluigi Collina, Ketua Wasit FIFA. Copyright: © GettyImages
Pierluigi Collina, Ketua Wasit FIFA.

INDOSPORT.COM – Ketua Wasit FIFA, Pierluigi Collina, mendesak ofisial Piala Dunia Qatar 2022 untuk mengurangi penggunaan VAR.

Seperti diketahui, FIFA secara resmi mengumumkan bahwa teknologi offside semi-otomatis akan digunakan dalam Piala Dunia 2022 yang diselenggarakan di Qatar nanti.

Dilansir Sky Sports, Presiden FIFA, Gianni Infantino, menuturkan bahwa teknologi  canggih ini telah diteliti selama tiga tahun dan diuji melalui pengujian khusus.

“Teknologi offside semi-otomatis adalah evolusi dari sistem VAR yang telah diterapkan di seluruh dunia,” ucap Gianni Infantino.

“Teknologi ini adalah puncak dari tiga tahun penelitian dan pengujian khusus untuk memberikan yang terbaik bagi tim, pemain, dan penggemar yang akan menuju ke Qatar akhir tahun ini.” sambungnya.

Teknologi ini telah berhasil diuji coba sebelumnya pada ajang FIFA Arab Cup 2021 dan Piala Dunia Klub tahun lalu.

Teknologi ini akan menunjukkan video ofisial dari pertandingan yang menerima peringatan offside, kemudian keputusannya akan divalidasi oleh secara manual sebelum dikomunikasikan kepada wasit utama di lapangan.

Para penonton juga dapat melihat dari layar kaca bagaimana keputusan offiside tersebut diambil oleh wasit. Teknologi ini diharapkan dapat meningkatkan kecepatan dan akurasi keputusan yang diambil oleh wasit di lapangan.

Kendati demikian, Ketua Wasit FIFA, Pierluigi Collina, mendesak ofisial Piala Dunia untuk mengurangi penggunaan VAR tersebut. Lantas mengapa demikian?