Liga Indonesia

Rasiman Bicara Debut Gianluca Pandeynuwu untuk Persis Solo di Liga 1

Sabtu, 1 Oktober 2022 16:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Persis Solo
Rasiman buka suara soal penampilan Gianluca Pandeynuwu untuk Persis Solo di Liga 1. Foto: Persis Solo. Copyright: © Persis Solo
Rasiman buka suara soal penampilan Gianluca Pandeynuwu untuk Persis Solo di Liga 1. Foto: Persis Solo.

INDOSPORT.COM - Asisten Pelatih Persis Solo, Rasiman, memuji debut Gianluca Pandeynuwu saat laga melawan PSM Makassar di Liga 1 Indonesia di Stadion Manahan, Kamis (29/9/22) sore.

Kiper asal Sulawesi Utara itu dinilai tampil meyakinkan.

Persis Solo memang gagal meraih kemenangan saat melawan PSM Makassar. Keunggulan lewat gol Irfan Jauhari menit ke-23 berhasil disamakan lewat Kenzo Nambu menit ke-44.

Namun, gol itu disebut Rasiman bukan terjadi karena kesalahan Gianluca Pandeynuwu. Dua tower PSM, Everton Nascimento dan Yuran Fernandes, membuat lini belakang Persis Solo kesulitan.

Menurut Rasiman, Gianluca menjalankan tugasnya dengan baik, meski pada awal-awal permainan sempat kesulitan. Namun, seiring berjalannya waktu, sang kiper tampil penuh percaya diri.

"Ketika sudah lama tidak bermain tentu agak susah di awal, tapi saya rasa dia pemain yang berpengalaman dan gol yang terjadi bukan atas kesalahan Gianluca," kata Rasiman, Kamis (29/9/22) malam.

Dalam laga ini, PSM memang kalah penguasaan bola. Persis Solo menguasai 59 persen bola, berbanding 41 persen dari PSM Makassar.

Namun bila bicara sepakan ke arah gawang, PSM lebih dominan. Dari sebelas percobaan, delapan tendangan tepat mengarah ke gawang Persis Solo.

Dari delapan itu, tujuh sepakan bisa diantisipasi Gianluca. Rasiman menyebut mayoritas peluang PSM berasal dari sepakan luar kotak penalti.

"Dia beberapa kali bisa menangkap tembakan lawan dengan baik, walaupun itu memang rata-rata dari luar karena PSM jarang bisa masuk ke box kita," tutur Rasiman.