Liga Indonesia

Progres Arkhan Kaka di Timnas Indonesia U-17 Buat Persis Solo Tersenyum

Rabu, 12 Oktober 2022 14:31 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Penyerang Timnas Indonesia U-16, Arkhan Kaka Putra Purwanto. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Penyerang Timnas Indonesia U-16, Arkhan Kaka Putra Purwanto.

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1, Persis Solo bisa tersenyum dengan performa menawan Arkhan Kaka Putra Purwanto bersama Timnas Indonesia U-17. Kaka menjadi salah satu pencetak gol terbanyak di kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Arkhan Kaka merupakan salah satu pemain termuda di skuad Timnas Indonesia U-17. Anak dari mantan bomber Timnas Indonesia, Purwanto Suwondo, ini menjadi tulang punggung lini depan Garuda Muda.

Tujuh gol dicetak Arkhan Kaka selama babak kualifikasi. Pemain kelahiran 2 September 2007 tersebut mencetak empat gol ke gawang Guam, dua gol ke gawang Uni Emirat Arab serta satu gol ke gawang Malaysia.

Tujuh gol ini memang tak menempatkan Arkhan Kaka sebagai top skor. Ia masih kalah dari bomber Australia, Nestory Irankunda dan bomber Chia, Wang Yudong, yang mencetak delapan gol.

Meski begitu, Arkhan Kaka sudah membuat Persis Solo tersenyum. Dengan usia yang baru 15 tahun, Kaka cukup menonjol di kelompok usianya.

"Saya pribadi tidak terkejut karena dia berangkat dari latihan juga melakukan hal itu. Cuma memang sedikit surprise ketika dia bisa melakukan hal yang sama di level internasional," kata asisten pelatih Persis Solo, Rasiman, Senin (11/10/22).

Mantan pelatih Persis U-20 ini menyebut, Arkhan Kaka punya bekal bagus saat di Persis Solo. Dia termasuk pemain yang diberi kesempatan untuk naik kelas.

Selama ini, Arkhan Kaka berlatih di tim U-20. Makanya, Rasiman cukup paham dengan bagaimana level permainan dari mantan pilar tim muda Bhayangkara FC ini.

"Keuntungan dia adalah karena selama ini berlatih dengan tim Persis U-20. Itu membuat dia lebih strong dibanding anak-anak seumurnya. Mungkin hanya dia yang berlatih dengan tim U-20," jelas Rasiman.

Meski namanya mulai naik, Rasiman berharap Arkhan Kaka tak puas pada titik sekarang. Ia menilai para pemain muda, termasuk Arkhan Kaka, masih harus berjuang dengan keras.