Bola Internasional

Kalah dari Klub Arab Saudi, Shin Tae-yong Bongkar Kelemahan Utama Timnas Indonesia U-20

Senin, 14 November 2022 05:59 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© PSSI
Aksi bintang Timnas Indonesia U-20, Marselino Ferdinan di laga uji coba kontra Al Adalah FC (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Aksi bintang Timnas Indonesia U-20, Marselino Ferdinan di laga uji coba kontra Al Adalah FC (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Menghadapi klub Arab Saudi yakni Al Adalah FC, Timnas Indonesia U-20 besutan Shin Tae-yong harus menelan kekalahan dengan skor 0-2.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-20 besutan Shin Tae-yong baru saja bersua klub Liga Arab Saudi, Al Adalah FC dalam laga uji coba di Stadion Emirhan Side, Minggu (13/11/22).

Ini kekalahan kedua bagi Timnas Indonesia U-20 yang diperkuat Marseilino Ferdinan selama mengikuti rangkaian pemusatan latihan (TC) di Turki.

Laga berjalan sengit dan kedua tim saling menyerang, tapi tidak ada gol tercipta di babak pertama. Lalu, di babak kedua Al Adalah berhasil mencetak gol di menit ke-64 dan menit 77'.

Timnas Indonesia sejatinya punya beberapa peluang, tapi tidak bisa dikonversi jadi gol. Contohnya, sepakan Marselino Ferdinan di injury time hanya membentur mistar gawang dan memantul keluar.

Menariknya, semua gol Al Adalah berawal dari situasi bola mati. Gol pertama merupakan hasil umpan tendangan bebas di sisi kiri pertahanan Timnas U-20.

Adapun gol kedua Al-Adalah FC berawal dari skema sepak pojok yang tak mampu ditutup dengan baik, sehingga pemain lawan bisa bebas lakukan sundulan di tiang dekat.

Cara kebobolan Timnas Indonesia U-20 itu pun dapat sorotan dari pelatih Shin Tae-yong. Dia menilai anak asuhnya sudah bermain bagus, tapi kurang fokus jadi kebobolan lewat situasi bola mati.

"Pertandingan hari ini oke, lumayan puas. Tapi untuk kemasukan gol, kami harus perbaiki agar lebih baik lagi dan lebih fokus lagi," kata Shin Tae-yong usai laga.

Lebih lanjut, juru taktik asal Korea Selatan tersebut membocorkan kelemahan krusial Timnas Indonesia U-20 pada laga kontra Al Adalah FC. Para pemain disebut belum membaca situasi pertandingan dengan baik.