Piala Dunia 2022

3 Fakta Menarik Opening Piala Dunia 2022: Dari BTS sampai Stadion Unik

Minggu, 20 November 2022 10:45 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Al Ridho Jevin Saputra/INDOSPORT
Deretan fakta menarik jelang opening Piala Dunia 2022 Qatar yang berlangsung Minggu (20/11/22) malam WIB. Mulai dari penampilan BTS hingga big match tuan rumah. Copyright: © Al Ridho Jevin Saputra/INDOSPORT
Deretan fakta menarik jelang opening Piala Dunia 2022 Qatar yang berlangsung Minggu (20/11/22) malam WIB. Mulai dari penampilan BTS hingga big match tuan rumah.

INDOSPORT.COM – Intip kembali deretan fakta menarik jelang opening Piala Dunia 2022 Qatar yang berlangsung Minggu (20/11/22) malam WIB. Mulai dari penampilan BTS hingga big match sang tuan rumah!

Hanya tinggal hitungan jam, gelaran sepak bola tertinggi antar negara tahun ini yakni Piala Dunia 2022 akan segera dimulai.

Qatar yang jadi tuan rumah penyelenggara, disebut telah menggelontorkan dana mencapai $220 miliar USD untuk mempersiapkan diri pada ajang empat tahunan ini.

Total dari dana tersebut, digunakan Qatar untuk membangun infrastruktur pertandingan, mulai dari stadion bertaraf FIFA hingga tempat latihan para peserta Piala Dunia 2022.

Dengan terpilih sebagai tuan rumah, Timnas Qatar pun berhasil pecahkan rekor yakni tampil untuk kali pertama di gelaran Piala Dunia.

Fantastisnya jumlah dana yang dikeluarkan Qatar untuk memfasilitasi Piala Dunia 2022 juga menjadikan turnamen World Cup tahun ini sebagai turnamen termahal sepanjang sejarah.

Selain membangun fasilitas sepanjang turnamen, dana fantastis yang dikeluarkan Qatar juga diakomodasikan untuk memeriahkan opening ceremony Piala Dunia 2022 yang berlangsung malam nanti.

Pasalnya, tak hanya bakal menyuguhkan hiburan menarik dari artis papan atas dunia, pembukaan Piala Dunia 2022 nanti juga menampilkan performa artis kenamaan asal Korea Selatan, Junkook BTS.

Berbekal mewahnya fasilitas yang diberikan Qatar, serta kehadiran banyak artis papan dunia, tak heran jika bakal banyak pasang mata menyaksikan pembukaan Piala 2022 nanti.

Untuk kalian yang ingin menyaksikan upacara pembukaan Piala Dunia 2022, berikut INDOSPORT rangkum sederet fakta menarik yang bakal terjadi dan sayang untuk dilewatkan pada opening ceremonial malam nanti:

Bakal Ada Pertunjukan dari Jungkook BTS

© Rich Fury/Getty Images for iHeartMedia
Jungkook, salah satu personel boyband BTS. Copyright: Rich Fury/Getty Images for iHeartMediaJungkook, salah satu personel boyband BTS.

Salah satu penampilan menarik yang sangat sayang untuk dilewatkan pada opening Piala Dunia 2022 nanti adalah pertunjukan dari Jungkook BTS.

Melalui pernyataan dari agensi Jungkook BTS yaitu BigHit Music, disebutkan bahwa Jungkook bakal membawakan soundtrack resmi Piala Dunia 2022 berjudul Dreamers.

Untuk menyiapkan penampilan luar biasanya di opening Piala Dunia 2022, maknae atau member termuda BTS tersebut bahkan sudah mendarat di Qatar seminggu sebelum acara dimulai.

Melansir dari pernyataan resmi BigHit Music, disebutkan bahwa Jungkook BTS akan tampil di pembukaan Piala Dunia 2022 mulai pukul 17.40 sampai 18.10 waktu setempat pada Minggu malam.

Sementara untuk penonton di Indonesia, dapat bisa menyaksikan aksi Jungkook BTS naik panggung mulai pukul 21.40 hingga 22.10 WIB.

Diadakan di Stadion Al Bayt yang Unik karena Berbentuk Seperti Tenda

Tak hanya aksi dari artis papan atas dunia, opening Piala Dunia 2022 nanti juga dipastikan bakal semakin meriah lantaran berlangsung di salah satu stadion megah milik Qatar bernama Al Bayt.

Melansir dari laman resmi federas sepak bola Qatar, diketahui bahwa Stadion Al Bayt merupakan stadion terbesar kedua di Qatar setelah Stadion Lusail.

Disebutkan, stadion yang terletak di kota Al Khor tersebut memiliki kapasitas 60.000 penonton. Hanya beda tipis dari Stadion Lusail yang merupakan stadion terbesar di Qatar dengan 80.000 penonton.

Selain dari sisi kemegahan, ada satu hal lain yang membuat Stadion Al Bayt jadi sorotan dan layak untuk dijadikan tempat sakral opening Piala Dunia 2022, yakni bentuknya yang unik dan menyerupai tenda.

Mengutip dari laman Qatar 2022, desain bangunan stadion terinspirasi oleh Bayt Al Sha'ar atau tenda yang dihuni oleh orang-orang nomaden Qatar dan Timur Tengah.

Sehingga tak heran, rancangan bangunan stadion ini sangat menyerupai tenda dengan ciri khas garis berwarna putih, hitam, dan merah.

Meski berbentuk seperti tenda, fasilitas stadion Al Bayt terbilang mewah. Bahkan atap stadion tersebut dilengkapi dengan sistem buka tutup, sehingga penonton tidak perlu khawatir dengan udara panas.

Langsung Dilanjutkan dengan Pertandingan Qatar vs Ekuador

Setelah menyaksikan sederet penampilan mewah di acara opening Piala Dunia 2022, penonton akan langsung disajikan dengan partai panas pembukaan grup A antara tuan rumah Qatar vs Ekuador.

Laga pembuka ini jelas bakal jadi sorotan, terutama buat warga Qatar yang akan melihat perjuangan timnas mereka tampil pertama kali di turnamen sebesar Piala Dunia.

Sepanjang tahun 2022, Qatar terlihat sangat serius mempersiapkan diri jelang Piala Dunia 2022 dengan melakoni sejumlah laga uji coba.

Hasilnya pun terbilang positif. Dari 18 pertandingan, skuad arahan Felix Sanchez tersebut hanya telan tiga kekalahan, bahkan mereka mampu mengalahkan Bulgaria dan Ghana.

Pada 27 September lalu, Qatar juga berhasil menahan imbang salah satu tim yang jadi kekuatan di Amerika Selatan, tempat Ekuador dan Senegal bernaung yakni Chile dengan skor 2-2.

Berkaca dari statistik tersebut ditambah faktor dukungan tuan rumah serta adaptasi cuaca yang lebih gampang, membuat Qatar punya peluang besar untuk mengalahkan Ekuador dan Senegal serta lolos dari penyisihan grup Piala Dunia 2022.

Artikel ini disponsori oleh AICE Official Ice Cream untuk FIFA World Cup Qatar 2022.