Liga Indonesia

Kirim Surat ke Presiden, Kalangan Pelajar di Malang Juga Berhak Bersuara soal Tragedi Kanjuruhan

Sabtu, 26 November 2022 15:35 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Aksi pelajar di Malang yg ikut berkirim surat ke presiden perihal usut tuntas tragedi kanjuruhan. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Aksi pelajar di Malang yg ikut berkirim surat ke presiden perihal usut tuntas tragedi kanjuruhan.

INDOSPORT.COM - Gerakan mengejar keadilan untuk mengusut tuntas Tragedi Kanjuruhan tak hanya disuarakan oleh keluarga korban, namun juga pelajar di Malang Raya.

Ratusan pelajar baru saja melakukan aksi berkirim surat kepada Presiden Republik Indonesia yakni Joko Widodo alias Jokowi, demi menuntut keadilan soal Tragedi Kanjuruhan.

Mereka terdiri dari beberapa sekolah menengah atas di Kabupaten Malang mengirimkan surat itu di Kantor Pos Kepanjen pada Jumat (25/11/22) kemarin.

Di sisi lain, aksi mengirimkan surat kepada Presiden Jokowi juga menyiratkan bahwa kalangan pelajar juga berhak bersuara.

Kendati tugas utama mereka memang untuk menuntut ilmu, namun dalam Tragedi Kanjuruhan, aspek kemanusiaan menjadi prioritas.

"Jangan sampai anak-anak yang masih (berstatus) pelajar sudah dibungkam suaranya," tukas Susanto Setiawan, guru dari SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen yang ikut mendampingi aksi.

Gelaran aksi itu pun sekaligus bisa diartikan sebagai pembelajaran untuk pelajar agar memiliki sifat kritis dalam melihat suatu isu.

Khususnya dalam Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada Sabtu (01/10/22) lalu, yang menumbangkan ratusan korban jiwa.

Sehingga, kasus Tragedi Kanjuruhan tak hanya menjadi perhatian publik di Indonesia, namun juga dari publik internasional.

"Itu hak mereka untuk menyuarakan suaranya. Semuanya soal keluhan isi hati dengan harapan usut tuntas," tambah dia.