Liga Indonesia

Percepat Perpindahan Federasi Jordi Amat dan Sandy Walsh, PSSI Utus Staf Khusus Ketemu FIFA di Qatar

Rabu, 30 November 2022 09:06 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Jordi Amat dan Sandy Walsh di Kemenkumham untuk rampungkan proses naturalisasi menjadi WNI, Kamis (17/12/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Jordi Amat dan Sandy Walsh di Kemenkumham untuk rampungkan proses naturalisasi menjadi WNI, Kamis (17/12/22).

INDOSPORT.COM - Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengatakan telah mengirim staf khusus ke Qatar untuk bertemu dengan FIFA disela-sela gelaran Piala Dunia 2022, supaya mempercepat proses perpindahan federasi bagi Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Kedua pemain itu baru saja dinaturalisasi. Seperti diketahui, Jordi Amat dan Sandy Walsh disumpah jadi WNI pada Kamis (17/11/22) di Kantor Wilayah Kemenkumham, Jakarta Timur.

Berkas keduanya telah dikirimkan ke FIFA untuk proses perpindahan federasi agar bisa bela Timnas Indonesia.

PSSI baru mengirim berkas Jordi Amat ke FIFA pada Rabu (23/11/22). 

Sedangkan milik Sandy Walsh sehari berselang karena paspornya terbit belakangan, jadi tidak bisa bersamaan diserahkan ke FIFA.

Proses perpindahan federasi tersebut memakan waktu hingga dua minggu. Tapi, PSSI berusaha mempercepat dengan mengirim utusan untuk bertemu FIFA yang sedang berada di Qatar selama gelaran Piala Dunia 2022.

"Sementara berproses, staf saya sekarang ada di Qatar, langsung kami berangkatkan untuk proses karena sebagian besar staf FIFA juga ada di Qatar di Doha," kata Yunus Nusi.

"Jadi sementara diproses. Kita semua ingin dipercepat, sehingga ya saya kirim staf saya untuk mengurus change asosiasion," imbuhnya.

"Ya kita harapkan minggu depan.  Mungkin kita berharap sudah selesai untuk perpindahan asosiasi," sambung Sekjen PSSI.

Nama Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah didaftarkan PSSI untuk bermain di Piala AFF 2022. Apabila perpindahan antar federasi tak selesai tepat waktu, maka keduanya tak bisa diturunkan.

Jordi Amat harus pindah dari federasi sepak bola Spanyol atau RFEF ke PSSI. Sementara Sandy Walsh dari federasi sepak bola Belanda, KNVB ke PSSI.