Bola Internasional

Incar Juara Piala AFF 2022, Jordi Amat Tak Sabar Saksikan 'Kegilaan' Suporter Timnas Indonesia

Jumat, 2 Desember 2022 22:31 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© PSSI
Bek naturalisasi, Jordi Amat telah bergabung di pemusatan latihan Timnas Indonesia sejak tiga hari lalu di Bali. Copyright: © PSSI
Bek naturalisasi, Jordi Amat telah bergabung di pemusatan latihan Timnas Indonesia sejak tiga hari lalu di Bali.

INDOSPORT.COM - Bek naturalisasi, Jordi Amat telah bergabung di pemusatan latihan Timnas Indonesia sejak tiga hari lalu di Bali. Dia sudah bisa bermain di Piala AFF 2022 setelah proses perpindahan federasi disetujui FIFA.

Jordi Amat harus pindah dari federasi sepak bola Spanyol atau RFEF ke PSSI karena pernah membela Spanyol kelas usia U-17 sampai U-21 dari tahun 2009-2011. 

Oleh sebab itu, pemain 30 tahun itu sangat senang ketika proses administrasinya selesai. Artinya, dia bisa membela skuad Garuda di ajang Piala AFF 2022.

"Saya sangat senang, akhirnya proses tersebut telah selesai. Saya bisa bermain untuk Timnas Indonesia, jadi saya sangat excited dan bahagia," kata Jordi Amat.

Setelah proses naturalisasinya rampung, eks bek Swansea City itu memasang target juara bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Jordi ingin bawa pulang trofi untuk pertama kalinya bagi masyarakat Indonesia dan keluarga yang selama ini terus mendukung.

"Target pertama saya adalah memenangkan turnamen untuk Indonesia, untuk keluarga saya, untuk para penggemar. Saya tahu kita bisa melakukannya," ujarnya.

Pemain berdarah Sulawesi itu menyatakan Timnas Indonesia punya peluang untuk angkat trofi tahun ini. Banyak pemain bagus yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong dengan beberapa diantaranya berkarir di luar negeri, seperti di Eropa, Jepang dan Korea Selatan. 

Mereka harus menebus kegagalan di Piala AFF sebelumnya, dimana Indonesia hanya jadi runner up setelah kalah agregat 2-6 dari Thailand di laga final tahun lalu.

"Saya berpikir sangat positif. Ini tim kuat, punya banyak opsi untuk menghadapi turnamen yang ketat. Kami bisa memenangkan itu," tutur Jordi.

"Kami punya pemain yang sangat kuat, juga dengan staf dan pelatih. Sama-sama kita akan melakukan yang terbaik," imbuhnya.