Piala Dunia 2022

Wakil Asia dan Mimpi Buruk Jerman di Piala Dunia

Jumat, 2 Desember 2022 14:32 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Grafis: Hendro Hardiyanto/INDOSPORT
Termasuk Jepang, negara Asia jadi mimpi buruk Jerman di dua edisi Piala Dunia terakhir. (Foto: Hendro Hardiyanto/INDOSPORT) Copyright: © Grafis: Hendro Hardiyanto/INDOSPORT
Termasuk Jepang, negara Asia jadi mimpi buruk Jerman di dua edisi Piala Dunia terakhir. (Foto: Hendro Hardiyanto/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Seusai meraih juara Piala Dunia 2014 lalu, Timnas Jerman kini porak-poranda setelah dua kali tersingkir dari fase grup pada edisi 2018 dan 2022.

Timnas Jerman sebagai negara yang difavoritkan juara Piala Dunia mempunyai kutukan baru. Lagi-lagi, dalam dua edisi beruntun Der Panzer mendapat mimpi buruk dari wakil-wakil Asia, yakni Korea Selatan dan Jepang.

Pada Piala Dunia 2018 lalu di Rusia, Jerman tergabung ke dalam Grup F bersama Swedia, Korea Selatan dan Meksiko. Saat itu, mereka diprediksi bisa lolos dengan mudah karena berstatus sebagai juara bertahan.

Di pertandingan perdana, mereka harus dipermalukan Meksiko dengan skor tipis 0-1 berkat gol tunggal dari Hirving Lozano pada menit ke-35.

Kemudian di laga kedua, Der Panzer yang masih diperkuat Mesut Ozil mampu bangkit dan meraih kemenangan 2-1 atas Swedia.

Tiga poin perdana ini membuat Mesut Ozil dkk memiliki peluang lolos ke babak 16 besar bila mampu menang atas Korea Selatan di laga pemungkas Grup F.

Akan tetapi, siapa sangka Korea Selatan yang masih dibesut oleh Shin Tae-yong sukses membuat Jerman mati kutu. Dua gol dari Kim Young-Gwon dan Son Heung-min berhasil membawa Taeguk Warriors menang dengan skor 2-0.

Timnas Jerman akhirnya harus gigit jari karena gagal lolos ke sistem gugur dan mempertahankan gelar juara Piala Dunia yang diraih pada edisi 2018 lalu.

Wakil Asia Kembali Jadi Mimpi Buruk di Piala Dunia 2022

Nasib apes Jerman ternyata berlanjut hingga dimulainya ajang Piala Dunia 2022 di Qatar. Mereka tergabung ke dalam Grup E bersama Spanyol, Kosta Rika dan Jepang.

Melihat peta kekuatan Grup E, banyak yang memberikan prediksi kalau Jerman dan Spanyol bakal menjadi penguasa di penyisihan.

Namun, kejutan terjadi di pertandingan perdana. Jerman yang sempat unggul lebih dulu lewat gol penalti Ilkay Gundogan malah terkena epic comeback.

Pasukan Hansi Flick akhirnya harus menanggung malu karena kalah 1-2 dari Jepang setelah gawang Manuel Neuer dibobol oleh Ritsu Doan dan Takuma Asano.

Di pertandingan kedua, Jerman yang mengincar poin pengganti hanya bisa bermain imbang 1-1 dengan Spanyol. Kemudian di duel pemungkas, mereka sukses menang besar atas Kosta Rika dengan skor 4-2.

Sayang, kemenangan telak tersebut tidak mampu membuat Jerman lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar. Pasalnya, lagi-lagi Jepang menjadi mimpi buruk setelah sukses menumbangkan Spanyol dengan skor 2-1.

Artikel ini disponsori oleh AICE Official Ice Cream untuk FIFA World Cup Qatar 2022.