Piala Dunia 2022

Wasit Wanita Pimpin Laga Sengit Kosta Rika vs Jerman di Piala Dunia 2022

Jumat, 2 Desember 2022 03:18 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© REUTERS/Kai Pfaffenbach
Stephanie Frappart, wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan di Piala Dunia 2022 antara Kosta Rika vs Jerman (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach). Copyright: © REUTERS/Kai Pfaffenbach
Stephanie Frappart, wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan di Piala Dunia 2022 antara Kosta Rika vs Jerman (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach).

INDOSPORT.COM - Nama Stephanie Frappart tengah menjadi sorotan lantaran menjadi wasit Wanita pertama yang memimpin pertandingan Piala Dunia 2022 dalam pertandingan terakhir Grup E antara Kosta Rika vs Jerman di Stadion Al Bayt.

Federasi Sepak Bola Dunia, FIFA memang sebelumnya belum pernah menurunkan Wanita sebagai wasit utama.

Namun, kini Stephanie Frappart berhasil dipercaya menjadi wasit utama di ajang sebesar Piala Dunia.

FIFA juga telah memilih tiga wasit wanita termasuk tiga asisten wasit wanita sebagai pengadil lapangan sebelum dimulainya Piala Dunia 2022 Qatar pada 20 November kemarin. 

“Kami sangat senang dengan adanya Stephanie Frappart dari Prancis, Salima Mukansanga dari Rwanda, dan Yoshimi Yamashita dari Jepang, lalu, ada asisten wasit Neuza Back dari Brasil, Karen Díaz Medina dari Meksiko, dan Kathryn Nesbitt dari AS,” ujar Pierluigi Collina selaku ketua Komite Wasit FIFA dilansir Eurosport.

Stephanie Frappart seorang wasit dari Prancis yang telah menjadi pengadil lapangan sejak usianya 13 tahun.

Tak dapat dipungkiri, keberadaan dirinya menjadi harapan untuk perempuan lain di dunia jika ingin menggeluti profesi yang selalu didominasi pria. 

Ya, Frappart menekuni profesi sebagai wasit pertandingan sepak bola sejak usia 13 tahun. Di usianya yang ke-18 tahun, dia mulai dipercaya jadi wasit di kejuaraan nasional U-19. 

Pada tahun 2011 lalu, menjadi momen bersejarah bagi dirinya karena pertama kalinya memimpin pertandingan sepak bola pria, yakni kompetisi Liga 3 Prancis. 

Selang tiga tahun kemudian dari debutnya sebagai wasit di Liga 3 Prancis, Stephanie Frappart terus menanjak dengan dipercaya menjadi pengadil lapangan di pertandingan Liga 2 Prancis. 

Tidak hanya di negaranya sendiri, Frappart juga mulai merambah ke level internasional saat dirinya dipilih sebagai wasit dalam turnamen Piala Dunia wanita 2015 di Kanada.

Jadi wasit utama di Piala Dunia wanita 2015 di Kanada, membuat nama Stephanie Frappart melambung tinggi dan mulai dilirik oleh kasta tertinggi kompetisi sepak bola pria Prancis, Ligue 1. 

Petinggi Ligue 1 Prancis pun secara resmi memberi kesempatan Frappart sebagai wasit utama dalam pertandingan antara SC Amiens vs RC Strasbourg pada April 2019 lalu.

Tak lama kemudian, Federasi Sepak Bola Eropa, UEFA mulai meliriknya dan memberinya kesempatan lebih besar.

Tak tanggung-tanggung, Frappart langsung ditawarkan menjadi wasit dalam pertandingan penuh sejarah, yaitu Piala Super Eropa 2019 antara Liverpool vs Chelsea di, Istanbul, yang berakhir kemenangan untuk The Reds lewat babak adu penalti.

Dari situlah namanya terus menanjak dan kini ia mulai dipercaya untuk melatih pertandingan di kompetisi yang lebih besar, yakni Piala Dunia 2022.

Hingga artikel ini dinaikkan, Stephanie Frappart masih memimpin jalannya pertandingan antara Kosta Rika vs Jerman dalam laga akhir Grup E Piala Dunia 2022, di mana saat  ini skor sedang sama kuat 1-1. Jerman unggul lebih dulu lewat gol Serge Gnabry di menit ke-10, sementara gol balasan Kosta Rika dikemas oleh Yeltsin Tejeda di menit ke-59.

Artikel ini disponsori oleh KACANG DUA KELINCI, teman nonton bola.