Piala Dunia 2022

Jepang dan Korea Jadi Bukti Kebangkitan Sepak Bola Asia di Piala Dunia

Sabtu, 3 Desember 2022 02:43 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Grafis: Hendro Hardiyanto/INDOSPORT
Jepang dan Korea jadi Wakil Asia di 16 Besar Piala Dunia 2022 Copyright: © Grafis: Hendro Hardiyanto/INDOSPORT
Jepang dan Korea jadi Wakil Asia di 16 Besar Piala Dunia 2022

INDOSPORT.COM – Kejutan terjadi sepanjang penyisihan grup Piala Dunia 2022, teranyar ada Jepang dan Korea Selatan yang jadi bukti sepak bola Asia sudah mulai bertaji di level internasional.

Dalam sejarahnya, benua Asia memang kerap dianggap sebelah mata di kompetisi sepak bola internasional, terutama pada gelaran sebesar Piala Dunia.

Terbukti sampai sekarang belum ada satupun negara yang berhasil menjadi juara, bahkan untuk tampil di final pun tampaknya masih sangat sulit sampai sekarang.

Akan tetapi pada Piala Dunia 2022 ini, secercah harapan dari pendukung Asia untuk melihat wakil benua mereka berprestasi di FIFA World Cup bakal terbuka lebar.

Pasalnya, ada dua negara Asia yang berhasil keluar dari lubang jarum dan melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, meski mereka berada di grup neraka.

Adalah Jepang dan Korea Selatan, yang berhasil membuat penggila sepak bola seluruh dunia akhirnya mulai melirik kekuatan negara Asia di Piala Dunia.

Di mulai dari Jepang. Berada di Grup E bersama dua calon kuat juara asal Eropa, yakni Jerman dan Spanyol, namun skuad Samurai Biru tampil begitu spartan dalam tiga partai terakhir.

Bahkan pada pertandingan pembuka, Jepang mampu mengalahkan Jerman yang merupakan tim paling sering tampil di final Piala Dunia (8 kali) dengan skor 2-1.

Sempat kalah di partai kedua kontra Kosta Rika (0-1), namun semangat khas Samurai membuat Jepang tak kehilangan arah dan kepercayaan diri saat hadapi Spanyol pada final matchday,

Hasilnya, Jepang mampu comeback lewat gol Ritsu Doan dan Ao Tanaka, setelah sebelumnya kebobolan terlebih dahulu melalui aksi Alvaro Morata.

Dengan kemenangan ini, Jepang pun sukses ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai pemuncak klasemen lewat torehan 6 angka. Unggul dua poin dari Spanyol serta Jerman yang berada di tempat kedua hingga ketiga.

Selain Jepang, kejutan dari wakil Asia lain juga dilakukan Korea Selatan dengan memastikan satu tiket lolos ke babak 16 besar menemani juara Piala Eropa 2016, Portugal.

© REUTERS-Wolfgang Rattay
Hwang In-beom Korea Selatan dan Kim Min-jae merayakan dengan bendera setelah pertandingan saat Korea Selatan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 REUTERS-Wolfgang Rattay Copyright: REUTERS-Wolfgang RattayHwang In-beom Korea Selatan dan Kim Min-jae merayakan dengan bendera setelah pertandingan saat Korea Selatan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 REUTERS-Wolfgang Rattay

Sama seperti Jepang, kondisi Korea Selatan di babak penyisihan grup juga bagai di lubang jarum lantaran berada bersama tim-tim kuat sekelas Portugal, Uruguay hingga kuda hitam Afrika, Ghana.

Meski berat, namun semangat prajurit Taegeuk dalam diri penggawa Korea Selatan mampu membawa mereka lolos dengan status runner up.

Bermain imbang tanpa gol kontra Uruguay di partai perdana, Korea Selatan harus menelan pil pahit setelah menelan kekalahan saat menghadapi Ghana.

Namun pada laga pamungkas yang berlangsung hari Jumat (02/12/22) malam WIB, Korea Selatan berhasil membuat mata dunia tertuju ke mereka setelah mampu mengalahkan Portugal dengan skor 2-1.

Sempat tertinggal lebih dulu melalui gol Ricardo Horta, namun lesakkan Kim Young-gwon dan Hwang Hee-chan pada masa injury time membuat Korea Selatan pastikan satu tiket ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Artikel ini disponsori oleh AICE Official Ice Cream untuk FIFA World Cup Qatar 2022.