Bola Internasional

Bangga! Jebolan Timnas U-16 dan EPA Liga 1 Raih Beasiswa Puskas Academy ke Hungaria

Jumat, 13 Januari 2023 10:47 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kapten Timnas Indonesia U-16, M. Iqbal Gwijangge (tengah), kini dapat beasiswa Puskas Academy ke Hungaria. (Foto: Herry Ibrahim) Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kapten Timnas Indonesia U-16, M. Iqbal Gwijangge (tengah), kini dapat beasiswa Puskas Academy ke Hungaria. (Foto: Herry Ibrahim)

INDOSPORT.COM - Pemain jebolan Timnas Indonesia U-16, M. Iqbal Gwijangge dan Eriko Sulastiano, meraih beasiswa sepak bola dari Puskas Academy ke Hungaria.

M. Iqbal Gwijangge adalah kapten Timnas Indonesia U-16, sekaligus pemain terbaik Piala AFF U-16 2022, sementara Eriko Sulastiano ialah top skorer EPA Liga 1 U-16.

Iqbal Gwijangge saat ini tercatat sebagai pemain profesional Barito Putera, serta Eriko Sulastiano adalah pemain binaan Akademi Persib Bandung di EPA Liga 1.

Kedua pemain muda itu nantinya akan menjalani latihan bersama Puskas Academy mulai Januari hingga Juli 2023 mendatang.

Undangan beasiswa untuk Iqbal dan Eriko itu datang dalam surat yang terbit pada 29 Desember 2022 lalu, ditandatangani oleh Direktur Puskas Academy, Dezso Liszkai.

Berdasarkan rilis yang diterima oleh media olahraga INDOSPORT, ini merupakan kali perdana Puskas Academy menerima pemain binaan dari luar Hungaria.

Diketahui sebelumnya, akademi sepak bola usia muda yang dibentuk Perdana Menteri Hungaria, Viktor Orban, itu tidak pernah menerima anak didik dari luar negeri.

Hal itu tak lepas dari tujuan pendirian Puskas Academy, yang diharapkan bisa menjadi tonggak kembalinya kejayaan sepak bola Hungaria di kancah dunia.

Oleh sebab itu, pemberian beasiswa untuk Iqbal Gwijangge dan Eriko Sulastiano ialah sejarah, Kali pertama bagi Puskas Academy menerima anak didik dari mancanegara.

Keputusan tersebut merupakan efek dari pertemuan Viktor Orban dengan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu, hingga PSSI menindaklanjuti dengan ajang seleksi.