Liga Inggris

Daftar Sanksi yang Siap Menanti Manchester City Usai Didakwa Langgar Aturan Finansial Fair Play

Selasa, 7 Februari 2023 01:44 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Phil Noble
Aksi Erling Haaland di laga Liga Inggris antara Manchester City vs Wolves. REUTERS/Phil Noble Copyright: © REUTERS/Phil Noble
Aksi Erling Haaland di laga Liga Inggris antara Manchester City vs Wolves. REUTERS/Phil Noble

INDOSPORT.COM - Daftar sanksi yang siap menimpa Manchester City jika terbukti bersalah atas pelanggaran aturan financial fair play yang didakwa oleh operator Liga Inggris (Premier League).

Jagat sepak bola Inggris dan para penggemar Premier League saat ini tengah dihebohkan dengan kabar kalau Manchester City didakwa telah melakukan pelanggaran aturan financial fair play (FFP).

Dugaan itu disampaikan langsung oleh operator Liga Inggris, Premier League, melalui laman resmi mereka beberapa saat lalu.

Dalam pernyataannya, Manchester City disebut banyak melakukan pelanggaran FFP sejak diakui sisi oleh pengusaha tajir asal Uni Emirat Arab, Sheikh Mansour pada 2009/2010.

Menurut pernyataan resmi Premier League, pelanggaran yang dilakukan Man City itu sudah dimulai pada musim 2009/2010 hingga musim ini.

Pelanggaran yang dibuat oleh Manchester City mencakup beberapa aspek sehingga mereka bermasalah dengan aturan Financial Fair Play.

Di antaranya aspek finansial klub. Operator Liga Inggris menduga kalau Manchester City tidak memberikan laporan keuangan yang jujur, terkait pendapatan dan biaya operasional klub.

Sehingga terindikasi adanya manipulasi terhadap laporan keuangan mereka ke otoritas Premier League.

Lalu ada dugaan renumerasi nilai kontrak dari sejumlah pelatih dan pemain yang pernah membela Manchester City di periode tersebut.

Selain itu Manchester City juga dituduh tidak memberikan laporan yang akurat mengenai keuntungan dan keberlangsungan klub mereka.