Liga Inggris

Sanksi Copot Gelar Menimpa Manchester City, Roberto Mancini Ikut Terseret

Selasa, 7 Februari 2023 15:10 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/Guglielmo Mangiapane
Pelatih timnas Italia, Roberto Mancini dikabarkan ikut terseret dalam permasalahan Manchester City yang didakwa melakukan 100 pelanggaran keuangan. Foto: REUTERS/Guglielmo Mangiapane Copyright: © REUTERS/Guglielmo Mangiapane
Pelatih timnas Italia, Roberto Mancini dikabarkan ikut terseret dalam permasalahan Manchester City yang didakwa melakukan 100 pelanggaran keuangan. Foto: REUTERS/Guglielmo Mangiapane

INDOSPORT.COM – Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini dikabarkan ikut terseret dalam permasalahan Manchester City di Liga Inggris yang didakwa melakukan 100 pelanggaran keuangan.

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu jurnalis The Times, Martyn Ziegler, mengungkapkan bahwa lebih dari 100 pelanggaran laporan keuangan dilakukan Manchester City.

Klub yang dimiliki oleh Sheikh Mansour ini diduga telah melakukan pelanggaran dalam periode sembilan tahun yakni, pada musim 2009-2010 hingga 2017-2018.

Terungkapnya pelanggaran laporan keuangan ini diungkapkan oleh Ziegler sebagai hasil investigasi selama empat tahun yang dilakukan langsung oleh operator Liga Inggris.

Operator Liga Inggris menduga bahwa Manchester City tidak memberikan laporan keuangan seperti pendapatan dan biaya operasional secara jujur.

Terkait dugaan tersebut, Ziegler turut mengungkapkan bahwa The Citizens tidak diberikan kesempatan untuk mengajukan banding terkait sanksi apapun ke Pengadilan Arbitrase Olahraga.

Sementara itu, melalui situs ofisial klub Manchester City mengaku terkejut atas dugaan pelanggaran peraturan keuangan yang dikeluarkan oleh Liga Inggris.

Klub juga berharap Liga Inggris bisa mempertimbangkan bukti agar masalah terkait pelanggaran laporan keuangan itu bisa dihentikan selamanya.

Namun, jika dugaan tersebut terbukti benar, maka Manchester City bisa menerima sanksi cukup berat seperti pengurangan poin hingga dikeluarkan dari Liga Inggris.

Bahkan, permasalahan yang menjerat oleh Manchester City juga turut menyeret mantan pelatih mereka, Roberto Mancini yang kini menjabat sebagai pelatih kepala timnas Italia.